Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kantor, Langsung Belanja di Jakarta

Kompas.com - 15/12/2012, 05:55 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Macetnya Jakarta selalu menjadi alasan sulitnya berwisata di Jakarta. Memang, pada akhirnya, wisatawan yang datang ke Jakarta harus pintar-pintar mengatur waktu dan tidak bisa maruk.

Maruk dalam artian, dalam sehari paling banter hanya mengunjungi satu kawasan saja. Jika Anda kebetulan berada di Jakarta untuk urusan bisnis, tambahkan hari di Jakarta sampai akhir pekan.

Jakarta juga cocok untuk wisata keluarga, sekadar mengajak si kecil bermain di taman-taman wisata yang ada di Jakarta sampai bersentuhan dengan wisata sejarah. Kuliner dan pasar menjadi daya tarik tersendiri.

Bisa dibilang, Jakarta surga bagi penggemar wisata belanja. Barang murah sampai barang bermerek dengan mudah ditemukan di Jakarta. Berikut contoh rencana perjalanan yang bisa Anda contek.

JUMAT. Bila keburu, alias masih sore, langsung saja ke Pasar Tanah Abang atau kawasan Mangga Dua untuk puas-puaskan diri berbelanja. Pasar Tanah Abang biasanya sudah mulai tutup jam enam sore.

Oleh karena itu berbelanja di menit-menit terakhir di satu sisi bisa mendapatkan harga terbaik dan menahan diri untuk berbelanja terlalu banyak.

Kelar berbelanja di Pasar Tanah Abang, habiskan malam di kantung-kantung wisata malam di Jakarta. Perhatikan waktu tempuh sebelum Anda memilih ke mana perjalanan berikutnya. Jumat malam sudah pasti macet luar biasa.

Mal terdekat dengan Pasar Tanah Abang bisa jadi pilihan. Mau yang lebih jauh, bisa ke kawasan Kemang. Pilihan lain adalah ke daerah Jalan Jaksa atau sekadar bersantai menikmati jajanan pinggir jalan di kawasan Monas. Apalagi tak lengkap ke Jakarta sebelum berfoto di Monas.

SABTU. Jangan maruk, karena situasi jalanan ibu kota yang tak bisa ditebak, baiknya pilih satu kawasan untuk dijelajahi. Misalnya seharian ini Anda hanya mengunjungi Ancol Taman Impian, Taman Mini Indonesia Indah, atau Kebun Binatang Ragunan.

Jika bersama keluarga, beberapa taman wisata tersebut bisa menjadi pilihan Anda. Bisa juga berwisata di kawasan Setu Babakan atau Kota Tua. Ada banyak museum di kawasan Kota Tua yang tak akan habis Anda kunjungi mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Tekstil, Museum Keramik, sampai ke Galangan VOC.

Bisa juga menyeberang ke Kepulauan Seribu melalui Muara Angke atau dermaga Ancol. Anda bisa pilih pulau mana yang ingin dikunjungi. Ada Pulau Pramuka, Pulau Harapan, sampai Pulau Tidung yang sering dikunjungi. Namun, sebaiknya menginap di pulau untuk mendapatkan pengalaman lebih.

Malam hari, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat aneka pertunjukan kesenian. Anda bisa mampir ke gedung atau tempat kesenian. Ada beberapa tempat yang biasa mengadakan aneka pertunjukan di Sabtu malam. Di antaranya adalah Bentara Budaya Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Larut malam, DJ siap menghentak lantai dansa dengan musik-musik terkini. Jakarta punya banyak bar dan lounge kelas dunia.

MINGGU. Konon, tidak afdal jika ke Jakarta belum ke mal. Ya, mal di Jakarta menjamur begitu banyak. Pilih saja salah satu mal yang terdekat dari tempat Anda menginap. Biasanya, acara paling seru dihabiskan di mal adalah berwisata kuliner.

Banyak tempat makan di mal-mal di Jakarta tidak ada di daerah lain. Mau lebih seru? Pilih tempat makan yang berada di ketinggian. Mal Plaza Semanggi dan Grand Indonesia, hanya dua di antara banyaknya mal yang menjadi rumah bagi restoran dengan panorama gedung-gedung Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com