Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan ke Semarang Meningkat

Kompas.com - 15/01/2013, 14:16 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Kunjungan wisatawan ke Kota Semarang, Jawa Tengah, selama tahun 2012 meningkat 142 persen dibandingkan dengan 2011 yang hanya naik 20 persen.

"Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Semarang tersebut berkat kerja sama dengan semua pihak, termasuk media massa dan gencarnya promosi pariwisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Nurjanah, di Semarang, Selasa (15/1/2013).

Jumlah wisatawan selama tahun 2012 sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 1.834.886 orang dan mampu terealisasi 2.613.952 orang. Dari jumlah wisatawan itu, 32.072 wisatawan mancanegara dan 2.581.880 wisatawan domestik. "Tahun 2012 juga banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat," katanya.

Tahun ini, sesuai RPJMD, target wisatawan yang berkunjung ke Semarang 1.944.970 orang. Dengan melihat realisasi pada tahun lalu, dipastikan target tersebut dapat terlampaui.

"Kami optimistis sasaran dapat terlampaui karena tahun ini akan banyak event. Apalagi bertepatan dengan Visit Jateng Year 2013," katanya.

Pendukung lainnya, kata Nurjanah, adalah stakeholder pariwisata, sarana-prasarana, aksesbilitas, sumber daya manusia, dan sejumlah agenda parisiwata. "Di Taman Margasatwa Wonosari Mangkang akan ada penambahan wahana permainan," katanya.

Kota Semarang sudah memiliki sejumlah kegiatan wisata tahunan seperti Semarang Night Carnival, Dugderan, Festival Pandanaran, dan Semarang Great Sale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com