Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jakarta Banjir, Hotel Ini Penuh Tamu

Kompas.com - 18/01/2013, 14:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Imbas banjir Jakarta yang membuat Bundaran Hotel Indonesia (HI) terendam pada Kamis (17/1/2013) berdampak pula pada hotel-hotel berbintang di seputar kawasan ini. Di satu sisi, pada hari tersebut terjadi pembatalan pemesanan kamar, seperti yang terjadi di Hotel Mandarin Oriental Jakarta.

"Kemarin ada beberapa cancellation (pembatalan)," kata Public Relations Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Malinda Yasmin, di Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Namun, lanjut Malinda, di sisi lain justru terjadi peningkatan okupansi akibat banyak tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir.

"Justru banyak warga yang tinggal di daerah Menteng dan kantor sekitar yang nginap di Mandarin," katanya.

Ia mengaku rata-rata tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir hanya menginap semalam dan sebagian besar sudah lapor keluar hari ini. Sedangkan kemarin, menurut Malinda, okupansi di Hotel Mandarin Oriental Jakarta nyaris 100 persen.

Hal serupa terjadi di Hotel Pullman Jakarta yang berada persis di sebelah Gedung Wisma Nusantara, masih di kawasan Bundaran HI. Seperti diungkapkan Public Relations Hotel Pullman Jakarta, Amel, hotel tersebut kemarin penuh oleh tamu yang menginap karena mengungsi dari banjir.

"Fully booked (penuh), malah karena banyak yang pada ngungsi atau memperpanjang staying period-nya (lama menginap)," tambah Amel.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com