Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Losari ke Ragunan

Kompas.com - 14/03/2013, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini program 'Berlari untuk Berbagi' bergeser ke wilayah barat. Sebelumnya, program bernama Mesastila Challenge Half Marathon 2012 pada Sabtu, 6 Oktober 2012 berlangsung di Ambarawa, Jawa Tengah.

Kegiatan 'Berlari untuk Berbagi' ini adalah sebuah program amal yang digagas oleh pengusaha Sandiaga Uno. Di mana setiap kilometer yang ditempuh, dia menawarkan kepada individu dan perusahaan untuk memberikan donasi tertentu kepada sebuah yayasan yang ditunjuk.

Dalam Mesastila Challenge Half Marathon waktu itu, sebanyak 86 peserta berlari sepanjang 21 kilometer, menyusuri jalur rel kereta uap dari Stasiun Ambarawa, melewati pematang sawah, jalanan menanjak, menerobos perkebunan kopi hingga finish di Mesastila Resort di Losari, sebuah tempat peristirahatan yang bernuansa sejuk.

Untuk tahun ini, lokasinya saja yang berbeda, tapi tujuannya tetap sama. Menurut Director of Marketing of Mesa Hotels and Resorts, Sri Utami, banyak peserta mengusulkan agar lokasinya di Jakarta. "Makanya kita pilih Ragunan," kata Tami kepada Kompas.com belum lama ini di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut Tami, program ini diberi nama MESA 5K Charity Run. "Jarak tempuhnya 5 kilometer dan akan diadakan di Kebun Binatang Ragunan pada tanggal 24 Maret 2013," katanya.

Kenapa memilih Ragunan? "Karena acara amal ini berkaitan dengan anak-anak. Kami mengajak anak-anak dan para peserta yang ikut dalam acara ini untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan bukan hanya untuk melihat dunia fauna tapi juga melihat keindahan taman seluas 148 hektar yang bersih dan rindang di tengah-tengah kota Jakarta. Jadi berlari, beramal dan berwisata," papar Public Relation Manager Mesa Hotels and Resorts, Ayutia Evilia.

Sebagaimana halnya dengan Mesastila Challenge Half Marathon, peserta yang ikut serta MESA 5K Charity Run mempunyai satu tujuan yakni berlari sekaligus berbagi atau beramal. Untuk MESA 5K Charity Run, lanjut Tami, panitia menargetkan peserta sekitar 150–200 orang. "Terbuka untuk berbagai kalangan. Berlari itu simple, keluarga juga bisa ikut," katanya.

Kalau di Losari, donasi yang terkumpul diberikan kepada Paguyuban Eyang Mas Ayu yakni paguyuban ibu-ibu di Desa Losari yang dilatih membuat batik tulis dan batik cap, maka MESA 5K Charity Run, donasi ditujukan kepada Yayasan Syair untuk Sahabat.

"Yayasan Syair untuk Sahabat merupakan lembaga yang peduli terhadap masalah-masalah sosial dan kesehatan yang berkembang di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan HIV/AIDS," tambah Tami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com