Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Karimunjawa Belum Tergarap Maksimal

Kompas.com - 17/03/2013, 17:29 WIB

JEPARA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah mengungkap potensi wisata di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, yang tergarap belum mencapai 50 persen dari keseluruhan.

"Saat ini kami masih mengutamakan eksplorasi potensi wisata air di Kepulauan Karimunjawa seperti menyelam, memancing, dan snorkling," kata Kepala Balai Pelayanan Informasi dan Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Puji Joharnoto di Jepara, Minggu (17/3/2013).

Ia menjelaskan, di Kepulauan Karimunjawa terdapat 18 titik menyelam (diving). Titik menyelam tersebut antara lain di Pulau Geleang, Pulau Sintok, Pulau Tengah, Pulau Menyawakan, Pulau Cemara Besar, Pulau Legan Moto, Pulau Tanjung Gelam, Pulau Katang, Pulau Kumbang, dan Pulau Menjangan Kecil.

"Di Pulau Karimunjawa juga terdapat potensi wisata darat yakni hiking, tracking, berjalan kaki di kawasan hutan mangrove, berkemah, wisata religi, dan wisata budaya," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa pada tahun 2012 tercatat sebanyak 53.633 wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan asing sebanyak 13.705 orang.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com