Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Memanas, Singapura Hentikan Wisata ke Korea Utara

Kompas.com - 10/04/2013, 19:44 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu yang semakin memanas di Semenanjung Korea memaksa biro wisata Singapura untuk sementara menghentikan paket wisata ke Korea Utara. Dalam pernyatan resmi yang diterbitkan Senin (8/4/2013), biro wisata Universal Travel Corporation (UTC) menyatakan perjalanan wisata ke Korea Utara ditunda setidaknya hingga Agustus.

UTC merupakan satu-satunya biro wisata Singapura yang memegang izin dari pemerintah Korea Utara untuk menyelenggarakan perjalanan wisata ke negeri tertutup itu.

"Keadaan sangat tidak kondusif, ada banyak ancaman dari Korut. Saya sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di negara itu. Kami tidak ingin mempertaruhkan keselamatan para pelanggan kami," jelas B.L. Khoo, pemilik UTC.

Khoo menegaskan, nyawa pelanggan merupakan prioritas utamanya. Menurutnya, biasanya wisata ke negeri itu diselenggarakan dua periode dalam setahun. Pertama di musim semi, mulai April sampai Juni, lalu di musim gugur, Agustus hingga Oktober.

Ia menambahkan, setidaknya ada sekitar 400 warga Singapura yang berwisata ke Korut setiap tahun. Bukan kali ini saja UTC harus menghentikan paket wisata mereka. Tahun lalu, di bulan yang sama, penghentian terpaksa dilakukan ketika Korut melakukan ujicoba misil.

Korea Utara menawarkan sejumlah atraksi wisata menarik. Seorang warga Singapura, Helen Yeo menuturkan, ia pernah berkunjung ke negeri itu bersama suaminya pada September tahun lalu. Mereka menyaksikan Festival Arirang, seni, senam, mengunjungi perkebunan, dan ikut merayakan peringatan 100 tahun pendiri Korea Utara, Kim Il Sung. Mereka menghabiskan 2.000 dolar singapura (sekitar Rp 16 juta) selama kunjungan 8 hari.

"Saya tidak berpikir Korea Utara negara yang berbahaya. Selama kita mematuhi peraturan dan menghormati adat setempat, semuanya akan baik-baik saja," jelas Helen.

Seperti diberitakan, suasana di Semenanjung Korea berada dalam ketegangan militer yang meningkat sejak uji coba nuklir ketiga Korea Utara pada Februari, yang memicu sanksi keras PBB. Hampir setiap hari Korea Utara melontarkan ancaman serangan terhadap pangkalan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ancaman itu merupakan tanggapan terhadap latihan militer gabungan Korea Selatan-Amerika Serikat yang sedang berlangsung.

Perkembangan berita soal ketegangan di Semenanjung Korea dapat diikuti dalam topik Ketegangan Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com