Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GIPI Khawatir Kecelakaan Lion Air Pengaruhi Pariwisata Bali

Kompas.com - 15/04/2013, 09:07 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) khawatir kecelakaan Lion Air di Pantai Segara, Kuta, saat hendak mendarat di Bandar Udara Ngurah Rai, Sabtu (13/4/2013) dapat memengaruhi citra pariwisata Bali.

"Jika hasil pemeriksaan tim investigasi penyebab dari musibah tersebut adalah kesalahan manusia atau human error maka dapat memengaruhi citra pariwisata, seperti kejadian dua atau tiga tahun lalu," kata Ketua GIPI Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya di Denpasar, Minggu (14/4/2013).

Menurut dia, bila penyebab dari peristiwa itu adalah kesalahan pilotnya tentu akan berdampak pada citra penerbangan maskapai Tanah Air sehingga sejumlah negara memberlakukan larangan terbang. Dampak dari pelarangan tersebut tentu membuat berkurangnya wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata karena tidak ada penerbangan langsung. Hal tersebut sangat tidak diharapkan oleh para pelaku pariwisata.

"Jadi tunggu saja hasil pemeriksaan investigasi mengenai penyebab peristiwa tersebut baru dapat terasa dampaknya," katanya.

Sampai saat ini, menurut Wijaya, belum melihat dampak secara langsung dari musibah tersebut terhadap pariwisata di Bali. Oleh sebab itu dia berharap tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan akibat peristiwa itu, walaupun tak sampai menimbulkan korban jiwa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com