Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Alasan Pelancong Indonesia Memilih Akomodasi

Kompas.com - 17/04/2013, 15:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang mempengaruhi wisatawan Indonesia dalam melakukan pemesanan akomodasi? Menurut penelitian TripBarometer oleh TripAdvisor, sebuah situs perjalanan, jawabannya ada lima faktor.

Kelima faktor teratas yang mempengaruhi wisatawan Indonesia dalam melakukan pemesanan akomodasi adalah harga, obyek wisata atau aktivitas sekitar hotel, lokasi, fasilitas akomodasi, serta rekomendasi dari teman dan keluarga.

Penelitian TripBarometer diselenggarakan atas nama TripAdvisor oleh StrategyOne, firma penelitian independen, divisi di Edelman Berland. Penelitian tersebut dilakukan dua kali dalam setahun dan melaporkan tren-tren dalam industri perjalanan dan perhotelan teratas menurut 35.000 wisatawan dan pengusaha perhotelan di dunia.

Hasil-hasil dari TripBarometer mengungkap pandangan mengenai perilaku pemesanan wisatawan Indonesia, serta pentingnya review online dan media sosial dalam merencanakan perjalanan dan bahkan selama di perjalanan.

Menurut TripBarometer, 90 persen wisatawan Indonesia, yang merupakan tertinggi di dunia di antara negara-negara yang disurvei, berencana untuk menaikkan anggaran wisata mereka tahun 2013. Hanya 3 persen yang berencana mengurangi anggaran wisata, dan 7 persen memiliki anggaran yang sama dengan tahun lalu.

Saat ditanyakan mengenai berapa banyak hotel yang mereka pertimbangkan sebelum melakukan pemesanan, 64 persen dari wisatawan Indonesia berkata bahwa mereka mempertimbangkan 1 sampai 5 hotel, 2 persen berkata bahwa mereka mereka mempertimbangkan 6 sampai 10 hotel, dan 5 persen dari mereka mempertimbangkan lebih dari 30 hotel.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com