Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Kelopo, Duh Enaknya...

Kompas.com - 21/04/2013, 09:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pecinta menu sate belum sempurna jika belum mencicipi jenis sate yang satu ini. Dipanggang dengan parutan kelapa berbumbu khusus, "Sate Kelopo" menawarkan sisi lain rasa sate dari yang selama ini pernah ada.

Sate Kelapa atau "Kelopo" dalam bahasa Jawa, konon adalah inovasi dari penjual sate di Surabaya yang notabene dari suku Madura yang mencari penghidupan di Surabaya sejak puluhan tahun lalu. Di Surabaya, Sate Kelopo banyak dijumpai, dijual oleh pedagang kaki lima, pedagang asongan, hingga kelas restoran.

Taburan kelapa berbumbu di Sate Kelopo menambah rasa gurih sate yang berbahan dasar daging sapi ini. Secara umum, bumbu sate yang disajikan hampir sama dengan menu sate pada umumnya, yakni disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, dan irisan bawang merah dan isrisan cabe rawit bagi yang suka pedas.

Namun di menu Sate Kelopo, di nasi atau lontong yang disajikan sebagai teman Sate Kelopo, ditambah serundeng yang juga dari parutan kelapa yang digoreng. Sate Kelopo akan lebih nikmat jika disantap saat dalam kondisi panas. Karena campuran potongan lemak yang dipanggang akan mengeras jika disantap sudah dalam kondisi dingin.

Di depot Sate Kelopo Ondomohen di Jalan Walikota Mustajab 36 Surabaya, Sate Kelopo tidak hanya berbahan daging sapi, tapi juga menyediakan bahan usus dan sumsum. "Inovasi Sate Kelopo baru ini ternyata banyak yang suka," kata pemilik depot, Ny Asih, Selasa (9/4/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com