Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumut Incar Wisatawan Makassar

Kompas.com - 21/04/2013, 11:47 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengincar wisatawan asal Makassar, Sulawesi Selatan untuk berlibur ke Sumatera Utara.

"Kali ini kami pilih Sumatera Utara untuk kami promosikan di Kota Makassar. Kami tahu tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat di sini sangat tinggi, sehingga Makassar kami anggap sangat strategis untuk digelar promosi," ujar Kasubdit Wilayah I Direktorat Promosi Pariwisara Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Raseno Arya di Makassar, Sabtu (19/4/2013).

Penegasan itu disampaikannya saat menggelar Direct Promotion Medan di Kota Makassar selama dua hari, yakni 20-21 April 2013 di Mal Ratu Indah Makassar. Kegiatan yang berlangsung di lantai dasar Mal Ratu Indah ini menampilkan berbagai kegiatan yang bernuansa Sumatera Utara, diantaranya pameran produk, wisata, pergelaran seni dan budaya, atraksi budaya, dan juga  hiburan.

Raseno mengatakan, Direct Promotion Medan di Makassar merupakan kegiatan yang sudah dua kali dilaksanakan di Makassar. Menurut dia, dalam ajang promosi ini digelar dengan melakukan penjualan langsung paket-paket pariwisata oleh pemangku kepentingan yaitu travel agent, hotel-hotel dan maskapai penerbangan.

"Direct Promotion Medan di Makassar ini juga sekaligus mengenalkan dan mempromosikan seluruh potensi pariwisata, seni budaya, alam, kuliner serta beragam hasil kerajinan masyarakat Sumut kepada masyarakat di luar Sumatera Utara, khususnya di Makassar," katanya.

Menurut Raseno, Kemenparekraf saat ini tengah fokus melakukan pencapaian target kunjungan wisman untuk lima tahun mendatang. Karena berdasarkan data wisatawan mancanegara yang ke Indonesia pada 2010 mencatat angka tujuh juta orang. "Tahun ini, target sekitar 8,5 juta orang dan pada 2014 sekitar 10,3 juta wisatawan asing. Kita akan terus menggenjot promosi pariwisata ini agar peningkatannya bisa lebih baik lagi," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid saat mendampingi Raseno mengaku berterima kasih kepada Kemenparekraf atas terpilihnya Makassar sebagai salah satu tempat pelaksanaan promosi Wonderful Indonesia yang menjadi agenda rutin dari pusat.

"Jadi konsep dari program ini yakni kenali negerimu. Tentunya kami sangat berterima kasih atas dijadikannya Makassar sebagai tuan rumah ajang ini. Tentunya Ini membuktikan bahwa Makassar dengan laju pertumbuhan yang begitu signifikan memancing para stakeholder untuk menjadikan kota kita sebagai prioritas," ucapnya.

Rusmayani mengaku, ini akan menjadi kesempatan bagi Pemkot Makassar untuk melakukan kerja sama promosi wisata dengan Pemprov Sumut. Untuk agenda ke depan akan ada MoU antara Medan dan Makassar dalam rangka promosi wisata. "Jadi ketika kami menggelar promosi wisata di mana pun, maka kami akan membuka ruang kepada Sumut untuk ikut terlibat melakukan promosi, begitu pun sebaliknya," tambah Rusmayani.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com