Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Mie Goreng Jawa Senikmat Aslinya

Kompas.com - 22/04/2013, 15:36 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Ingin memasak mie goreng Jawa seenak aslinya? Bahan-bahan dan cara memasak mungkin sama. "Googling" atau searching di dunia maya, maka seabrek resep dan cara memasak mie goreng sudah di tangan.

Tapi pernahkah anda berpikir memasak mie goreng Jawa memakai anglo? Anglo adalah tungku masak yang terbuat dari tanah liat dengan sumber perapiannya dari arang. Para pedagang mie goreng Jawa di Semarang saat ini masih banyak yang mempertahankan anglo daripada memakai kompor gas.

Konon, anglo mempertahankan citarasa asli mie goreng Jawa, lebih enak dan lebih sedap. Tertarik? Anda juga bisa membuatnya di rumah. Sebuah anglo dengan satu tungku di Pasar Bandarjo Ungaran dijual seharga Rp 5.000. Mungkin di pasar-pasar tradisional di kota anda, harganya tidak jauh berbeda.

Sumber perapiannya bisa dari arang, batol kelapa yang kering, broket batubara atau bahkan kayu bakar. Arang mungkin yang paling mudah didapatkan.

Lantas bagaimana cara membuat arang menjadi bara? taruhlah arang secukupnya ke bagian paling dasar anglo. Ambil satu buah, bakar di atas perapian kompor gas sampai membara. Untuk membakarnya pakailah penjepit dari alumunium.

Lalu, letakkan bara arang tersebut ke dalam anglo yang sudah ada arangnya tadi. Selanjutnya kipasi agar bara arang menular ke arang lainnya. Jika tak ingin lelah mengipasi, pakailah kipas angin.

Setelah sepertiga sampai setengah arang menjadi bara, anglo siap untuk dipakai memasak. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com