Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Gencar Promosikan Potensi Wisata

Kompas.com - 15/05/2013, 10:27 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, gencar mempromosikan potensi wisata bangunan bersejarah, alam, kegiatan seni, dan budaya ke daerah terdekat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Nurjanah di Semarang, Rabu (15/5/2013), menilai promosi ke daerah terdekat sangat efektif, terlihat dari sejumlah kegiatan yang selalu dipenuhi pengunjung. "Salah satu contohnya adalah antusias masyarakat yang melihat Semarang Night Carnival tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan kegiatan sama pada 2010 dan 2011," katanya.

Disbudpar Kota Semarang juga untuk pertama kalinya mencoba hal baru dengan menggelar kegiatan nonton bareng sepak bola yang mengambil tempat di panggung tepi Sungai Banjir Kanal Barat. "Hasilnya juga luar biasa. Jembatan sempat kami tutup dan dipenuhi penonton," katanya.

Selain jumlah pengunjung yang tinggi pada setiap kegiatan, efektifnya promosi juga terlihat dari tingkat penghunian kamar hotel. "Tingkat penghunian kamar hotel mayoritas penuh begitu ada kegiatan di Semarang," katanya.

Nurjanah menyebutkan sejumlah upaya untuk melakukan promosi seluruh potensi wisata di Kota Semarang di antaranya dengan pemasangan spanduk dan baliho di daerah perbatasan, selain melalui media massa.

Dia menambahkan bahwa kegiatan yang digelar di Kota Semarang mampu memberikan dampak selain tingkat penghunian kamar dan jumlah kunjungan wisatawan, juga berpengaruh terhadap dampak ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com