Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berwisata ke Green Canyon

Kompas.com - 17/05/2013, 14:11 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

KOMPAS.COM - Anda berencana mengunjungi obyek wisata Green Canyon dalam waktu dekat? Simak dulu tips perjalanan berikut ini.

RUTE. Green Canyon atau oleh warga sekitar kerap juga disebut Cukang Taneuh berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Jakarta, jalur terbaik menggunakan mobil adalah lewat Bandung menuju Tasikmalaya. Dari Tasik, ada dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui jalur timur melewati Kota Tasik, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Parigi lalu Cijulang. Jalur ini memiliki jarak kurang lebih 170 km. Jalur kedua adalah jalur selatan melewati Kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.

Meskipun lebih pendek rute jalur selatan tidak disarankan bagi Anda yang ingin cepat sampai ke Green Canyon. Aktivitas hilir mudik truk pengangkut pasir besi di jalur tersebut mengakibatkan jalur selatan rusak parah dan membuat perjalanan lebih lama.

WAKTU. Jika Anda tidak ingin mengantre jangan datang di akhir pekan, karena pada akhir pekan jumlah pengunjung cukup banyak. Namun, Jika memang waktu Anda berlibur hanya ada di akhir pekan disarankan untuk datang lebih pagi. Green Canyon buka dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Jangan datang pada saat musim hujan. Karena besar kemungkinan Green Canyon ditutup akibat debit air yang meningkat. Waktu terbaik adalah pada saat musim kemarau, karena air sungai akan berwarna hijau jernih dan lebih tenang.

BIAYA. Siapkan uang yang cukup ketika Anda berkunjung ke Green Canyon, karena di obyek wisata ini tidak ada ATM. Perahu adalah satu-satunya transportasi dari dermaga menuju Green Canyon, Anda bisa menyewa perahu Rp 125.000 maksimal untuk enam orang. Jika Anda ingin berenang maka Anda dikenakan biaya tambahan. Sebaiknya ketika ke sini Anda membawa rombongan agar bisa berpatungan dan biaya sewa perahu bisa lebih ringan.

PERLENGKAPAN. Sebaiknya siapkan baju ganti jika Anda berencana untuk berenang di Green Canyon. Jangan lupa membawa kamera tahan air untuk mengabadikan momen saat Anda berenang. Jangan khawatir jika tidak membawa pelampung atau life jacket, karena tukang perahu telah menyediakan life jacket bagi Anda.

FASILITAS. Jangan bingung jika Anda lapar setelah puas berenang dan menikmati keindahan Green Canyon. Sejumlah warung makan tersedia berdekatan dengan lokasi parkir. Selain itu Anda juga bisa mencari oleh-oleh seperti kaus di lokasi yang sama.

PENGINAPAN. Setelah puas menikmati Green Canyon Anda memiliki beberapa pilihan tempat menginap. Jika Anda belum terlalu lelah, Anda bisa menempuh perjalan kurang lebih satu jam menuju Pangandaran. Di sana penginapan lebih banyak dengan harga yang bervariasi. Tapi, jika Anda sudah sangat lelah, jangan ragu untuk menginap di kawasan Panti Batu Karas, kurang lebih 15 menit dari Green Canyon.

green-canyon

 

 

Pemandangan Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Objek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapat menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu. (KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES)

Jika anggaran Anda terbatas Anda bisa mencoba Bonsai Bungalow. Biaya per malam Rp 300.000. Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas kamar AC, kamar mandi dalam, breakfast berupa roti untuk 3 orang. Jangan khawatir jika Anda berombongan, karena tempat ini juga menyediakan ruangan untuk enam orang dengan biaya Rp 600.000 per malam.

Jika Anda kebetulan punya dana lebih, Anda bisa mencoba JavaCove Beach Hotel, disini Anda bisa menyewa kamar dari kisaran harga 500.000 hingga Rp 1.250.000 per malamnya. Anda akan mendapatkan fasilitas breakfast, kamar AC, air panas dan TV kabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com