Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Churro", Kelezatan Cakwe Khas Meksiko

Kompas.com - 24/05/2013, 08:15 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com — Sekilas, melihat bentuknya, pasti Anda mengenalinya sebagai cakwe. Cakwe seperti donat yaitu terbuat dari tepung dan digoreng. Bedanya ia berbentuk panjang-panjang dan cara makannya dicocol dalam saus.

Churro khas Meksiko memiliki bentuk yang serupa dengan cakwe. Pun cara memakannya dicocol dalam saus. Ternyata, churro memang terinspirasi dari cakwe. Namun, kisah di baliknya lebih seru lagi.

Awalnya, churro merupakan kudapan terkenal di kawasan Eropa, terutama di kalangan warga Spanyol dan Portugal. Memang, kuliner Meksiko banyak terpengaruh oleh Spanyol karena pernah dijajah negeri itu selama beratus-ratus tahun.

Simak saja cerita di balilk churro dari koki berkewarganegaraan Meksiko bernama Chef Lamberto Valdez Lara yang didatangkan oleh Keraton at The Plaza, Jakarta, dalam rangka promosi kuliner khas Meksiko bertajuk "Viva Mexico! A Mexican Food Extravaganza".

"Ini memang aslinya resep rahasia berusia ratusan tahun dari China. Lebih dikenal dengan cakwe. Legenda mengatakan, bangsa Eropa, Spanyol, pergi ke China dan tertarik dengan cakwe. Mereka ingin mengetahui resep cara membuat cakwe," cerita Chef Lamberto.

Namun, lanjutnya, raja China saat itu melarang warganya untuk membeberkan resep cakwe ke bangsa Spanyol. Resep cakwe dianggap sebagai rahasia negara. Maka, siapa pun yang membocorkan rahasia resep akan dibunuh.

"Akhirnya, bangsa Spanyol coba-coba membuat sendiri dan jadilah churro," tutur Chef Lamberto.

Bedanya dengan cakwe, churro lebih tebal dan manis. Beda dengan cakwe yang cenderung polos dengan selintasan rasa gurih, churro kental dengan penggunaan kayu manis. Jadinya seperti donat panjang manis dengan harum kayu manis yang menggoda.

Aromanya mengingatkan pada kue jahe. Teksturnya seperti donat. Cara makannya dicelup layaknya cakwe. Nah, saus untuk cocolan yang digunakan Chef Lamberto adalah saus dari susu kambing.

"Saus dari cajeta, susu kambing. Susu dimasak hingga terkaramelisasi," ungkapnya.

Lalu, Chef Lamberto juga menambahkan semacam topping atau atasan berupa jack fruit compote atau nangka yang dimasak dalam air gula hingga rasa sari pati buah keluar dan tekstur buah menjadi lembut.

Ia mengakui bahwa nangka mudah ditemukan di Meksiko. Walau menu ini cenderung legit, rasa manisnya masih terasa lembut. Aroma kayu manis dan nangka berpadu dengan apik. Churro yang digigit begitu lembut itu rasanya semakin kuat saat dicocol dalam saus cajeta. Lezat!

Mau mencicipi churro yang lezat? Anda bisa menikmatinya di promo Viva Mexico! A Mexican Food Extravaganza yang berlangsung pada 18 Mei hingga 2 Juni 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com