Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Kalteng Tahun Ini Lebih Hemat

Kompas.com - 25/05/2013, 10:29 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pemprov Kalimantan Tengah mengklaim kemeriahan pergelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka memeringati hari jadi provinsi tersebut lebih hemat dari 2012.

"Kalau tahun lalu pelaksanaan FBIM menghabiskan anggaran Rp 600 juta maka 2013 Rp 400 juta. Jadi tahun ini sangat hemat," kata Ketua Panitia Pelaksana FBIM yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kalteng, Saidina Aliansyah di Palangka Raya, Sabtu (25/5/2013).

Menurut Saidina, pergelaran FBIM diisi serangkaian kegiatan yakni pawai karnaval budaya, jukung atau kapal hias, malamang, panginan tradisional, balagu, sepak sawut atau bola api, mangaruhi, lawang sekepeng, maneweng, manetek, dan manyila kayu.

Selain itu juga ditampilkan mangenta, jukung tradisional, besei kambe atau menaiki perahu melawan arus sungai, habayang, tari tradisional pedalaman maupun pesisir suku dayak, manyipet atau menyumpit, karungut, lagu daerah dan putra putri pariwisata.

"Kalteng Expo, pasar rakyat juga dilaksanakan dengan menghadirkan band Lyla dan artis ibukota. Kembang api sebagai penutup dari rangkaian seluruh kegiatan FBIM juga diselenggarakan," kata Saidina.

Ketua Panitia FBIM memaparkan, peserta tidak hanya dari kabupaten kota se provinsi dengan julukan Bumi Tambun Bungai itu tapi juga ada dari kementerian maupun provinsi lain.

Bahkan, fotografer asing yang awalnya mendaftar 11 orang menjadi 20 ditambah sekitar 200 fotografer dari seluruh Indonesia mendokumentasikan berbagai kegiatan FBIM.

"Target kami FBIM tidak hanya dinikmati masyarakat Kalteng namun juga wisatawan domestik maupun mancanegara. Kami ingin FBIM go internasional," kata Saidina.

Saidina mengapresiasi dan bangga terhadap kontribusi seluruh pemerintah maupun masyarakat yang ikut menyukseskan dan mengamankan serangkaian pergelaran FBIM.

"Semua peserta yang berlomba tidak pernah memprotes keputusan juri dan tetap menghormati pemenang maupun pihak yang kalah. Kami akan melaksanakan FBIM lebih meriah lagi tahun depan," tambah Saidina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com