Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pho Bo, Bakso ala Vietnam

Kompas.com - 27/05/2013, 08:06 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan Vietnam identik dengan makanan sehat. Bisa dilihat dari menu makanan yang sebagian besar terbuat dari sayur dan makanan laut. Namun soal rasa, di negara asalnya masakan Vietnam berbeda.

Menurut Junior Sous Chef Six Sense Hotels Vietnam, Hung, untuk Vietnam bagian selatan, rasa masakan cenderung lebih manis. Sedangkan Vietnam bagian utara lebih gurih dan sedikit asam.

Jika penasaran dengan cita rasa Vietnam, datang saja ke Hotel Indonesia Kempinski yang menggelar pekan kuliner Vietnam mulai 17 Mei hingga 2 Juni 2013. "Wajah Vietnam" yang ditampilkan tak hanya dengan membawa kuliner khas tetapi juga dekorasi Signature Restaurant yang disulap dengan hiasan layaknya berada di Vietnam.

Salah satu menu favorit yaitu Banh Xeo atau omelet seafood. Omelet seafood memiliki stan sendiri di salah satu bagian restoran, dengan bahan-bahan omelet terpajang di bagian depan stan. Chef Hung juga turut meracik pesanan para tamu yang datang.
omelet-vietnam
Banh Xeo atau omelet seafood. (Kompas.com/Fitri Prawitasari)

Omelet berbentuk berupa lembaran seperti kulit pancake, dilipat yang berisi seafood yaitu udang dan potongan potongan cumi. Seperti yang diketahui di Indonesia, kebanyakan omelet berasa asin dan gurih. Namun ternyata kali ini berbeda. Omelet seafood khas Vietnam berasa agak manis.

Rasa daun bawang yang menjadi campuran di dalamnya cukup kuat. Nah, jika Anda tak begitu suka bawang, bisa saja meminta untuk tak dimasukkan ke dalam adonan saat pemesanan masakan.

Selain omelet, ada juga Pho Bo. Pho Bo bisa dibilang "bakso-nya Vietnam" karena memang bentuk sajiannya menyerupai bakso yang mudah ditemui di Jakarta. Bahkan, salah satu bahan di dalam Pho Bo yaitu bakso sapi. Bedanya, Pho Bo disajikan dengan kwetiaw dan potongan daging. Serta ditambah cincangan bawang bombay, daun bawang, sayuran, dan cabai.

Kuah Pho Bo sangat segar. Uap kuah panas-panas pun langsung membuat yang mencium menelan ludah saat itu juga. Pho Bo juga memiliki stan sendiri di salah satu bagian restoran. Menu disajikan secara prasmanan, sehingga bisa diracik sendiri bahan-bahan apa yang lebih disukai untuk dimakan.

Selain kedua makanan favorit tersebut, juga masih ada kuliner Vietnam lain yang patut dicoba. Berada di sebeah sisi stan omelet, ada jajaran makanan berat Vietnam seperti bebek berbumbu nanas atau Pineapple Duck dan cumi asam manis. Tak ketinggalan juga cemilan dan makanan penutup.
dekorasi-vietnam

Dekorasi khas Vietnam di Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski.

Pekan Kuliner Vietnam bisa dinikmati di Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski saat santap siang, santap malam, dan santap jelang siang (brunch). Sebelumnya, tamu akan disajikan dengan minuman selamat datang Nack Jug yaitu jus dari sari buah leci, mangga, kiwi, jeruk dengan diberikan tambahan soda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com