Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Khas Olahan Truffle Hitam Asal Australia

Kompas.com - 31/05/2013, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Jamur truffle identik dengan Eropa. Memang truffle hitam berkualitas terkenal berasal dari Perancis, sementara truffle putih berkualitas yang terkenal berasal dari Italia.

Ternyata, Australia juga menghasilkan truffle hitam. Tepatnya di Manjimup, Australia Barat.  Executive Assistant Manager Food & Beverage di The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta,  Patrick Weder mengungkapkan dari kota Perth, Manjimup bisa ditempuh sekitar tiga jam dengan mobil.

Aroma truffle yang kuat dan menyegarkan menjadi ciri khasnya, tentu dengan sedikit aroma tanah. Truffle tergolong jamur mahal di dunia. Harganya per kilogram bisa mencapai jutaan rupiah.

Untuk bisa mencicipi truffle hitam dari Australia, Pacific Restaurant & Lounge yang berada di hotel The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta, kembali menghadirkan juru masak tamu Dennis Mifsud dari restoran bar anggur terkemuka yaitu Winos of Margaret River di Australia Barat.

Kali ini, Dennis akan memasak bersama Tony Howell yang merupakan Resident Executive Cheff dari Cape Lodge dan juga mantan finalis acara MasterChef Australia. Ikut serta adalah Nigel Harvey yang merupakan Executive Chef dari Voyager Estate.

Total ketiga juru masak ini bersama-sama menghadirkan kuliner ala Margaret River, sebuah daerah di Australia Barat yang terkenal dengan wine dan kulinernya. Tamu bisa mencoba olahan truffle hitam hasil karya ketiga juru masak tersebut yang dipadukan dengan wine dari kebun anggur Margaret River.

"Margaret River memiliki iklim seperti di Mediterania. Sore-sore dengan udara laut yang berhembus menghasilkan cita rasa tersendiri pada wine. Wine ini cocok untuk kuliner Indonesia, tetapi juga cocok untuk makanan yang terpengaruh dengan kuliner Barat," tutur Patrick kepada Kompas.com, Selasa (28/5/2013).

Perpaduan antara truffle hitam asal Manjimup dan daging sapi premium asal Margaret River akan tampil dalam lima hidangan. Pemakaian truffle hitam sudah tampak dari hidangan pembuka yaitu "Horseradish Beetroot Graved Salmon New Potato Brioche Truffled Creme Fraiche".

Ikan salmon memang termasuk ikan yang enak disantap dalam keadaan mentah. Irisan daging salmon segar dibungkus dengan garam, gula, dan rempah-rempah selama beberapa hari. Tentu sebagai pendamping salmon adalah krim dengan sentuhan truffle hitam.

Lalu lanjutkan dengan "Margaret River Beef Wagyu Sirloin and Brisket Green Pea Puree, Three Potato Gratin Truffle Sabayon". Daging wagyu asal Margaret River diambil bagian sirloin atau has luar dan brisket atau sandung lamur.

Tektur daging yang cenderung lembut dan mudah putus saat digigit berpadu apik dengan rasa halus gurih dan selintasan manis dari saus Truffle Sabayon. Saus ini terbuat dari telur yang dikocok dan truffle hitam.

Sebagai hidangan penutup adalah "Whiskey Chocolate Ganache Honeycomb Crumbs Truffle Ice Cream". Sesuai namanya, hidangan manis ini mengandung alkohol. Tetapi cobalah cicipi Truffle Ice Cream. Rasa truffle yang khas begitu kuat tercicip di es krim ini.

Untuk mencicipi "Wine & Truffle Dinner" ini, Anda bisa memesan tempat jauh-jauh hari. Sebab jumlah tamu dibatasi dan hanya tersedia satu hari saja yaitu di hari Kamis, 13 Juni 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com