Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seribu Kelok di Tanah Flores nan Elok

Kompas.com - 03/06/2013, 14:03 WIB

PAGI baru saja datang ketika kami bergegas untuk menjelajah tanah Flores dari Labuan Bajo. Jalan yang lengang membuat kami bisa memacu mobil lebih kencang.

Pengendara sering menyebut tanah Flores dengan seribu kelok. Julukan ini bukan asal sebut karena jalan mulai dari Labuan Bajo sampai Larantuka melalui jalur bukit dengan tanjakan dan turunan tajam serta berkelok.

Beberapa ratus meter selepas Labuan Bajo tak ada lagi jalan lurus menghampar. Kelokan demi kelokan membuat pengendara harus lebih waspada.

Kesabaran juga dibutuhkan karena selain mobil kecil beberapa truk besar juga melintas hingga memakan hampir sebagian besar badan jalan.

Untuk mendahului truk besar tak perlu tergesa-gesa karena sopir truk biasanya memberi jalan ketika ada jalur yang agak lurus dengan badan jalan yang lebar.

Meski banyak tantangan, perjalanan berkendara mobil terbayar dengan pemandangan elok tanah Flores. Tidak hanya bukit yang cantik, jalan lurus di antara pematang sawah di daerah Lembor menjadi pemandangan yang indah.

Selepas Ruteng dan Aimere menuju Ende, kita disuguhi pemandangan pantai selatan yang cantik. Jalan aspal terimpit antara bukit tinggi dan pemandangan laut lepas pantai selatan.

Larantuka menjadi tempat pemberhentian terakhir yang sempurna dengan pemandangan Laut Flores nan elok yang memisahkan Pulau Adonara dan Solor. (Gatot Widakdo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com