Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Pulau Merah, Surga Baru bagi Peselancar

Kompas.com - 03/06/2013, 14:35 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com — "Menakjubkan dan pemandangannya sangat indah." Ucapan ini meluncur dari mulut Ketua Umum Asosiasi Selancar Indonesia, Jero Made Supatra Karang, saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata Pantai Pulau Merah.

Dengan ditemani anggota keluarganya, pria asal Bali ini berkunjung ke kawasan wisata yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk menyaksikan kompetisi internasional selancar yang berlangsung 24-26 Mei 2013.

"Saya sudah berkeliling ke banyak negara untuk menyaksikan perlombaan surfing (selancar), tapi hanya sedikit pantai di negara-negara lain yang pemandangannya seperti di sini (Pulau Merah)," tambah Jero, akhir pekan lalu.

Bahkan, Jero berani menyejajarkan pemandangan Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, dengan salah satu kawasan wisata pantai yang terdapat di negara Amerika Latin, Brasil, yang juga sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya untuk para pehobi selancar.

Salah satu kelebihan dari Pantai Pulau Merah adalah terdapatnya gugusan pulau sehingga sejauh mata memandang tidak langsung disuguhi lautan lepas.

Saat musim kemarau tiba, pulau-pulau itu tampak memantulkan cahaya kemerahan ketika terkena sinar matahari, terutama pada sore menjelang matahari terbenam.

Untuk penggemar olahraga selancar, ombak di Pantai Pulau Merah yang masuk wilayah Pantai Selatan juga sangat menantang meskipun tidak setinggi ombak di Pantai Plengkung, yang lokasinya beberapa puluh kilometer dari Pulau Merah. Pantai Plengkung oleh wisatawan mancanegara dikenal dengan nama G-Land.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com