Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Danau Singkarak Jadi Titik Start TdS

Kompas.com - 03/06/2013, 18:25 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SINGKARAK, KOMPAS.com - Ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013, telah memasuki etape kedua yang menempuh rute Payakumbuh-Danau Singkarak. Etape kedua yang berjarak 124 kilometer tersebut menjadikan Danau Singkarak yang merupakan ikon TdS sebagai titik finish etape tersebut.

Sebagian Danau Singkarak berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Bupati Kabupaten Solok Syamsu Rahim menuturkan bahwa pihaknya ingin Danau Singkarak dapat menjadi titik start pada etape pertama di TdS 2014. Oleh karena itu, pihaknya sedang mengupayakan fasilitas akomodasi untuk menerima para wisatawan dan peserta TdS.

"Terkait TdS, salah satu persyaratan sebagai tempat (tuan rumah) adalah mempunyai kamar hotel representatif. Maka kita ingin membuka hotel minimal bintang 3 plus," ujarnya saat ditemui sela-sela pemberian hadiah kepada para pemenang etape kedua, di Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Senin (3/6/2013).

Ia mengaku pihaknya sedang bekerja sama dengan salah satu penanam modal dalam pembangunan hotel. "Termasuk juga membangun perhotelan representatif yang bisa diminati oleh para pelancong para pengunjung baik mancanegara maupun domestik," tambahnya.

Saat ini, lanjut Syamsu, untuk fasilitas penginapan, Solok memiliki guest house. "Guest house kita punya, cuma kapasitasnya hanya untuk lima puluh orang yaitu di Alam Panjang yang berada di Danau Singkarak. Itu ada convention hall dan ada cottage juga yang kami miliki," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com