Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2013, 12:06 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SINGKARAK, KOMPAS.com - Ada banyak obyek wisata di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang belum dibenahi. Hal tersebut diakui Bupati Solok, Syamsu Rahim.

"Kita sebenarnya punya tempat-tempat wisata yang banyak, tapi belum dikelola. Jadi bisa dikatakan tempat itu masih perawan," ujarnya, di sela-sela pemberian hadiah pemenang etape 2 Tour de Singkarak 2013, di Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Senin (3/6/2013).

Bahkan, lanjut Syamsu, Solok memiliki lima danau alami dalam satu kabupaten. "Kita punya lima danau, Danau Singkarak, Danau Atas, Danau Bawah, Danau Talang, dan Danau Tua Koto Sani. Jadi ada lima danau yang sebenarnya bisa dijadikan obyek wisata bahari," ungkap Syamsu.

Selain danau, tutur Syamsu, Solok juga mempunyai kebun teh yang berhawa sejuk. Menurutnya, kebun teh ini tak kalah dengan yang ada di Puncak, Jawa Barat.

"Kita juga punya kebun teh. Di daerah itu udaranya tak kalah dengan yang ada di Puncak (Jawa Barat)," tuturnya.

Selain itu, pelengkap wisata seperti atraksi kebudayaan dan kuliner yang dimiliki Solok, juga tak kalah menarik. "Kita juga punya atraksi wisata dalam bentuk kesenian dan budaya tradisional seperti talempong, tari piring. Juga makanan spesifik yang lahir dari beberapa desa atau nagari contohnya laman kapai," jelas Syamsu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com