Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Pariwisata Indonesia Lewat Foto

Kompas.com - 06/06/2013, 22:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto bisa menjadi alat untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia tak hanya bagi wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan internasional. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pengembangan Seni Rupa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Watie Moerany.

"Fotografi sangat efektif untuk memperkenalkan kekayaan alam indonesia. Keberhasilan pariwisata Indonesia juga karena adanya kompetisi fotografi," ungkapnya saat pengumuman pemenang lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia", di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Keindahan ala Indonesia ini tercermin dari lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia" diselenggarakan oleh Burufly.com dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Watie menuturkan di tahun 2012, pariwisata menyumbang devisa bagi Indonesia hingga 8,5 juta dolar AS. Selain itu pariwisata berada di posisi kelima dalam memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia.

"Jadi pariwisata Indonesia itu sangat menjanjikan, tetapi dibutuhkan bantuan pihak swasta dan semua komunitas masyrakat," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Burufly.com Peter Goldsworthy, mengatakan awalnya ia membuat Burufly.com untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Menurutnya, pariwisata Indonesia tidak sekedar Bali, tetapi akses informasi mengenai beragam destinasi di Indonesia masih minim.

"Kita ingin bagi orang Indonesia sendiri, Indonesia lebih populer (sebagai destinasi) daripada Singapura," katanya.

Burufly.com sendiri adalah media sosial khusus travel pertama di Indonesia dengan konten yang didapatkan dari para penggunanya. Situs ini dikembangkan untuk memajukan pariwisata Indonesia.

Foto-foto yang masuk dalam lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia" diseleksi oleh juri Indra Leonardi dari King Foto. Seratu foto hasil seleksi tersebut bisa dilihat dalam pameran yang berlangsung di eX Atrium City Hall Level 1, Jakarta, mulai 5 Juni sampai 30 Juni 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com