Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru TdS Disukai Atlet dan Jurnalis

Kompas.com - 08/06/2013, 07:50 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Etape kelima pelaksanaan lomba balap sepeda dengan rute mengelilingi keanggunan alam Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS) 2013 telah dilalui Kamis (6/6/2013).

Adapun rute yang dilalui adalah Sawahlunto-Muara Labuh dengan melewati beberapa panorama alam seperti Danau Di Atas dan Danau Di Bawah, perkebunan kol, cabe, kayu manis, bawang dan sayur mayur lainnya, hingga pusat-pusat keramaian orang seperti Kampung Nagari Batu Banyak dan Pasar Sungai Kalu.

Rute yang dilalui tersebut merupakan rute baru yang tak dilalui pada TdS tahun-tahun sebelumnya yang telah lima kali diselenggarakan di Sumatera Barat.

Rupanya rute tersebut cukup membuat terkesan juara 3 etape 5, Oscar Pujol Munoz dari Tim Polygon Sweet Nice (PSN), Irlandia. "Saya suka saat melewati di antara danau (Danau Di Atas dan Danau Di Bawah). Meski rutenya menanjak dan berliku-liku," ujar Oscar saat ditemui Kompas.com, di Pantai Air Manis, Kota Padang, Jumat (7/6/2013).

Oscar mengaku sangat suka dengan suasana di sepanjang etape dengan banyak masyarakat berjajar di sisi-sisi jalan. "Mereka memanggil-manggil 'Hai Mister' tapi saya tak sempat menjawabnya. Di garis finish juga banyak orang sudah ramai," paparnya.

Senada dengan Oscar, salah satu jurnalis yang berasal dari media Jepang yang turut meliput TdS, Sonoko, saat ditemui pada kesempatan berbeda, mengatakan sangat suka dengan rute yang dilewati kemarin. "Jalanannya menanjak, berbukit-bukit, melewati danau saya suka sekali," katanya sembari menunjukkan hasil jepretannya.

Sonoko pun lantas menunjukkan foto-foto lain berupa keramaian penonton saat tiba di garis finish di depan Kantor Wali Kota Solok Selatan di Muara Labuh. "Lihat sangat ramai sekali. Orang-orang berkumpul di depan papan-papan pembatas garis finish," kata Sonoko menunjukkan hasil bidikan fotonya.

"Yang ini para pesepeda di antara orang-orang banyak," tambah Sonoko memamerkan hasil jepretannya yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com