Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TdS 2013 Resmi Ditutup

Kompas.com - 10/06/2013, 15:23 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Penyelenggaraan ajang balap sepeda dengan mengitari keindahan alam Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS) 2013 telah berakhir Minggu (9/6/2013). TdS tahun ini merupakan kali kelima digelar di Sumbar. TdS 2013 digelar mulai 2 Juni oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), dan Pemprov Sumbar.

"TdS ini merupakan salah satu event yang kita banggakan dan telah tercatat dalam kalender event internasional," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam sambutan di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat, Padang, Minggu (9/6/2013).

Para pebalap yang mengikuti ajang ini, menurut Sapta, adalah mereka yang telah bertaraf profesional, yang berasal dari mancanegara, bukan hanya pebalap biasa.

Kelancaran TdS 2013n dari awal etape pertama hingga etape ketujuh pun dipengaruhi oleh banyak pihak. "Tujuh etape telah dilalui di 17 kabupaten/kota dan ini semua tak terlepas dari dukungan berbagai pihak mulai bupati, wali kota, para atlet dan official, masyarakat, petugas pengamanan, rekan-rekan media, marshall, driver, semuanya," lanjut Sapta dalam sambutan yang berbeda saat jamuan makan malam di Hotel Mercure, Padang.

Selain Sapta, penutupan TdS yang berpusat di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat, Kota Padang, juga dihadiri Menpora Roy Suryo, Gubernur dan Wagub Sumbar serta bupati, wali kota dari 17 rute wilayah yang dilewati.

Sebagai ajang balap sepeda internasional, pembukaan TdS pada tanggal 2 Juni 2013 dihadiri langsung oleh President Amaury Sport Organisation (ASO), Jean Etienne Amaury yang merupakan penyelenggara balap sepeda kelas dunia, Tour de France.

"Ini merupakan kunjungan pertama saya di Sumatera Barat dan saya cukup terkejut melihat Tour de Singkarak. Semangat dan kehebohan yang diperlihatkan masyarakatnya, dan keindahan alam yang begitu memesona," ujar Jean dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

TdS 2013 diikuti oleh 220 peserta yang berasal dari 24 negara. Tujuh etape yang digelar melewati 17 kabupaten/kota. Adapun kabupaten dan kota tersebut adalah Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Painan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com