Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Pantai Tujuan Utama Turis Australia ke Bali

Kompas.com - 11/06/2013, 10:39 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Obyek pantai di sejumlah wilayah selatan Bali selama ini masih menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan asal Australia. "Turis Australia umumnya bersama keluarga ke Bali memilih tempat berkunjung ke Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, Tanjung Benoa. Hanya sedikit memilih daerah Ubud," kata pengamat pariwisata Bali, Dewa Nyoman Putra di Denpasar, Selasa (11/6/2013).

Dari hasil survei perilaku wisatawan mancanegara yang dilakukan Bank Indonesia Denpasar November 2012 terhadap 510 responden wisman seluruh negara diperoleh informasi mengenai perilaku wisman Australia dengan keterwakilan 149 orang.

Disebutkan bahwa tujuan utama wisman Australia datang ke Bali adalah untuk berlibur 95,95 persen, sisanya berkunjung dalam rangka bisnis atau menghadiri kegiatan MICE. Oleh karena itu, rata-rata lama tinggal mereka di Bali mencapai enam hari.

Wisman Australia umumnya datang bersama keluarga (48,32 persen) atau teman (38,26 persen) dengan tujuan daerah kunjungan mayoritas tersebar di Kabupaten Badung yang meliputi Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, dan Tanjung Benoa (73,33 persen).

Dewa Putra mengatakan, sesuai data yang diperoleh, sebagian kecil turis Autralia tinggal di daerah pegunungan di kawasan wisata Ubud dan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, sekitar 16,67 pesen, sedangkan Kota Denpasar sebesar 8,89 persen.

Ia menyebutkan, wisatawan asal Australia tetap mendominasi kunjungan turis ke Bali yang mampu memberikan kontribusi sebesar 25,06 persen yakni mencapai 242.935 orang dari total kunjungan wisman sebanyak 969.382 orang selama periode Januari-April 2013.

Jumlah warga negara Negeri Kanguru itu yang mengunjungi Pulau Dewata untuk bisa menikmati panorama alam dan keindahan seni budaya Bali meningkat 2,07 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya tercatat 238.003 orang.

Kedatangan turis Australia ke Bali jumlahnya jauh melebihi pelancong asal kawasan ASEAN yang hanya 114.000 orang, serta lebih banyak dari wisatawan asal kawasan Uni Eropa yang baru tercatat 202.000 orang pada empat bulan pertama 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com