Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Mulai Melirik Lombok

Kompas.com - 12/06/2013, 19:21 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai maskapai bujet rendah (low cost carrier) yang baru berkembang, Mandala Airlines tengah melirik beberapa rute-rute baru di Indonesia, salah satunya adalah Lombok, di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Kami pastinya tengah melirik Lombok. Terutama untuk rute Jakarta-Lombok dan juga kemungkinan rute Singapura-Lombok", ungkap President Director PT Mandala Airlines, Paul Rombeek saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Rabu (12/6/2013).

Ia menuturkan selain rute Jakarta-Lombok, rute lain yang dilirik adalah Singapura-Lombok. Namun, rute Lombok tersebut masih berupa rencana di masa depan. Ia sendiri belum memastikan kapan rute tersebut akan tersedia.

Sementara itu, Paul menjelaskan untuk rute baru yang sudah pasti akan dibuka adalah rute Jakarta-Hongkong. Rute ini akan tersedia di bulan Juli 2013.

"Ini menjadikan Mandala sebagai maskapai bujet rendah pertama yang punya penerbangan langsung ke Hongkong dari Jakarta," ungkapnya.

Selain itu, Mandala juga berencana akan menambah frekuensi terbang rute Jakarta-Singapura menjadi tiga kali dalam sehari di bulan Juni ini. Saat ini, rute Jakarta-Singapura baru tersedia satu kali dalam sehari.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Mandala Airlines terbang ke daerah-daerah di Indonesia bagian timur, Paul mengaku tidak tertutup kemungkinan tersebut. Hanya saja, pihaknya perlu melakukan kolaborasi dengan maskapai lain.

"Armada Airbus kami tidak memungkinkan untuk mendarat di bandara kecil yang ada di daerah terpencil di Indonesia timur. Tapi kami lihat banyak kesempatan untuk kawasan timur, walau jauh dari base kami (Jakarta)," jelas Paul.
turis-di-lombok
Wisatawan mancanegara berfoto di dusun Sade, Desa Rembitan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (8/7/2011). Dusun Sade merupakan salah satu dusun yang dihuni oleh suku Sasak. (Kompas Images/Banar Fil Ardhi)

Ia mengaku selama ini rencana ke depan Mandala Airlines adalah untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Selain rute-rute yang biasa seperti Jakarta-Medan, Mandala Airlines juga mempunyai rute Pekanbaru-Yogyakarta.

"Rute Pekanbaru-Yogyakarta merupakan contoh bagus dalam menghubungkan Sumatera dengan Jawa. Tidak ada penerbangan langsung antara Pekanbaru-Yogyakarta sebelumnya, kami satu-satunya. Penumpangnya banyak tapi tidak ada maskapai yang melayani rute ini," ungkap Paul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com