Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sekolah, Keluarga Indonesia Pilih Berwisata ke Luar Negeri

Kompas.com - 18/06/2013, 09:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini adalah musim liburan anak sekolah di Indonesia dan situs perjalanan global, Skyscanner melihat adanya pertumbuhan yang luar biasa jumlah pencarian penerbangan selama periode liburan.

Seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/6/2013), terjadi kenaikan pencarian penerbangan selama periode liburan sebanyak 300 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Data juga menunjukkan bahwa ternyata cukup banyak keluarga Indonesia yang merencanakan pergi berlibur tahun ini.

Pencarian penerbangan untuk keluarga tahun ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa, yakni sebesar 800 persen dibandingkan musim liburan pertengahan tahun lalu. Jadi, ke mana sebenarnya keluarga Indonesia akan berlibur?

Dengan atraksi wisata yang ramah keluarga seperti Night Safari dan Universal Studios Singapore yang relatif masih baru, kota metropolitan Singapura tetap menjadi tujuan liburan paling populer bagi keluarga Indonesia. Lebih dari 40 persen dari total pencarian penerbangan ke Singapura adalah untuk keluarga.

Malaysia, Thailand, dan Australia juga tetap menjadi negara tujuan wisata favorit keluarga Indonesia. Skyscanner juga melihat Perancis sangat diminati dan menjadi satu dari sepuluh tujuan wisata favorit untuk liburan sekolah.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini kebanyakan orangtua sangat sibuk bekerja dan hampir tidak bisa menemukan waktu untuk berkumpul bersama keluarga untuk makan siang atau makan malam, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia," ungkap Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner Indonesia, Tika Larasati seperti termuat dalam siaran pers tersebut.

Namun, lanjutnya, hasil analisis Skyscanner memperlihatkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencarian liburan keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa para orangtua yang senantiasa sibuk bekerja sepertinya memanfaatkan kesempatan liburan sekolah kali ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Liburan keluarga merupakan kegiatan penting bagi keluarga karena memberikan kesempatan setiap anggota keluarga untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama-sama,menjelajah tempat-tempat baru dan membantu memperluas wawasan nusantara dan dunia bagi anak-anak. Liburan bersama keluarga pasti memberikan pengalaman yang berharga," ungkapnya.

Sepuluh tujuan wisata utama wisatawan Indonesia (keluarga) pada periode liburan menurut data Skyscanner antara lain Singapura, Malaysia, Hongkong, Australia, Belanda, Thailand, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com