Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-Murah Meriah di Yogyakarta

Kompas.com - 23/06/2013, 08:39 WIB
KOMPAS.com — Pagi sekitar pukul 07.40, saya sarapan di Rumah Makan Lestari, di Jalan Ampta No 88 Yogyakarta. Rumah makan ini belum lama berjualan, baru dimulai sekitar tahun 2011. Rumah makan ini menyediakan menu masakan Jawa dengan suguhan cara prasmanan. Anda bisa memilih terlebih dahulu menu-menunya.

Rumah Makan Lestari sangat besar, tempat parkirnya juga luas. Walau bukan di jalan besar, rumah makan ini sudah cukup dikenal orang. Selain banyak pilihan lauk pauk, harganya juga terkenal murah. Terlebih lagi, pemilik rumah makan ini, Raymond, hobi dengan motor besar Harley Davidson. Oleh karenanya, saat akhir pekan pun rumah makan ini sering menjadi tempat kumpul penggemar motor besar di Yogyakarta.

WWW.REKOMENDASI.ME Pilihan sayur.

Untuk menu sarapan pagi ini, saya memilih nasi merah. Sayurnya, saya pilih pare panjang dan sedikit oreg tempe. Saya juga pesan ayam goreng penyet dada dan tempe mendoan. Sebenarnya ada sayur jantung pisang. Menu ini katanya favorit di sini. Tapi sayang, pada saat saya datang, makanan tersebut belum matang.

Pilihan menu lain memang bervariasi, ada ikan, udang, perkedel, tahu goreng dan lain-lain. Ada juga menu nasi merah goreng, lho.

Yuk kita cobain. Sayur pare panjangnya enak, dan ini tidak pahit; berbeda memang dengan sayur pare biasa.

WWW.REKOMENDASI.ME Ayam penyet.

Ayam penyetnya juga favorit di sini. Pilihan sambalnya ada tiga, yaitu sambal trasi, sambal ijo, dan sambal bawang. Saya pilih sambal terasi saja.

Ayam penyetnya memang enak dan gurih, dimakan dengan sambal terasi tentu lebih nikmat. Harganya? Nasi merah Rp 3.500, sayur Rp 2.000, ayam penyet Rp 8.000, tempe mendoan Rp 2.000, dan es dawet Rp 1.000.

Makan di tempat yang sederhana seperti Rumah Makan Lestari ini juga memberikan kenikmatan sendiri. Makan enak tidak selalu dilihat dari tempatnya kan? (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com