Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Otak-otak khas Makassar dengan Sambal Petis

Kompas.com - 26/06/2013, 08:11 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Berada di dekat pesisir, olahan ikan laut menjadi salah satu kudapan yang wajib dicoba saat berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Otak-otak ikan tenggiri Ibu Elly merupakan yang sangat ternama di Makassar. Banyak tokoh masyarakat dan seniman tanah air yang mampir ke toko ini saat bertandang ke Makassar. Hal ini terlihat dari pajangan-pajangan foto yang tertampang di salah satu dindingnya.

Apalagi, pemiliknya yang bernama Elly mengakui salah satu pelanggannya yaitu mantan wakil kepala negara di negeri ini, yakni Jusuf Kalla yang merupakan putra daerah Sulawesi Selatan.

"Jusuf Kalla sudah lama langganan sama saya, kadang ajudannya datang pesan kalau beliau ke sini," kata Elly.

Otak-otak buatan Elly sangat sederhana. Bahan utamanya merupakan ikan tenggiri yang berukuran cukup besar. Bedanya, otak-otak buatannya dinikmati dengan sambal petis. Sambal petis yang ia buat berwarna kecokelatan dengan rasa asam manis. Berbeda dengan sambal petis yang biasa dibuat di daerah Jawa.

"Sambal petis khas nona-nona sini punya, kalau di Jawa kan hitam, ini cokelat," katanya.

Elly mengolah otak-otaknya dengan dikukus diselimuti daun pisang batu. Dipilihnya daun pisang batu bukan tanpa alasan. Karena jika menggunakan daun pisang yang lain, warna daun bisa luntur saat pengukusan. Mengakibatkan warna daun otak-otak tidak segar saat disajikan.

Bila berniat menjadikan otak-otak Ibu Elly sebagai buah tangan bagi keluarga sehabis pelesir di Makassar, merupakan pilihan tepat. Karena, Elly mengatakan, otak-otaknya bisa bertahan hingga satu bulan bila disimpan di lemari pembeku (freezer).

Tokonya berada di Jalan Kijang No. 7D Makassar. Pengunjung tak hanya bisa memborong otak-otak tetapi juga menikmatinya di tempat karena disediakan kursi dan meja di depan toko. Di belakang toko pun sekaligus sebagai tempat pengolahan otak-otak.

Beberapa pekerja terlihat sibuk menyajikan otak-otak yang memenuhi salah satu meja di dalam toko. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat ikan tenggiri berukuran besar yang menjadi bahan utama pembuatan otak-otaknya. Selain otak-otak, Elly juga menyediakan khas Makassar lain seperti es palubutung, telur ikan terbang, kue-kue Makassar dan Manado, hingga berbagai kerajinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com