Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sriwijaya Minta Tambahan Penerbangan ke Ambon

Kompas.com - 26/06/2013, 14:35 WIB
AMBON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Sriwijaya meminta penambahan frekuensi penerbangan ke Bandara Pattimura Ambon. "Pihak Sriwijaya telah menyurati kami menyatakan penambahan frekuensi penerbangan dari Jakarta dan Makassar ke Ambon," kata Manajer Umum Angkasa Pura Ambon, Halendra Woworuntu, di Ambon, Rabu (26/6/2013).

Menurut Halendra, frekuensi penerbangan Sriwijaya di Bandara Pattimura hanya satu kali, yakni rute Jakarta-Makassar-Ambon pukul 12.20 WIT dan berangkat kembali pukul 12.45 WIT.

"Permintaan tambahan penerbangan sedang kami koordinasikan mengingat aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

Menurut Halendra, rencana tersebut akan membuat aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura semakin ramai. "Frekuensi penerbangan diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang dalam menggunakan transportasi udara," katanya.

Dia mengaku bahwa rencana penambahan penerbangan merupakan indikator tingkat kepercayaan masyarakat untuk mengunjungi Maluku, khususnya Kota Ambon semakin membaik.

"Hal ini juga berarti daya beli masyarakat menggunakan jasa penerbangan semakin meningkat, sehingga dipastikan juga investor akan berinvestasi di Maluku," katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pesawat Sriwijaya Air

Halendra menjelaskan penambahan maskapai harus didukung daya jual wisata yang menarik, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. "Selama ini wisatawan sudah bosan mengunjungi tempat wisata buatan, mereka ingin kembali ke wisata alam, dan Ambon sebagai potensi menarik untuk memajukan pariwisata," katanya.

Penambahan maskapai dan frekuensi penerbangan, lanjut Halendra, membuat pihaknya berupaya meningkatkan kualitas pelayanan penumpang serta penyediaan fasilitas yang lebih baik.

"Kami akan konsisten melayani penumpang. Prinsipnya Bandara Pattimura boleh kecil, tetapi pelayanannya harus lebih unggul dibandingkan bandara lain. Ibaratnya hotel bintang tiga pelayanan bintang lima," tambah Halendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com