Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPP Asita: Pertumbuhan Pariwisata Sumbar Lambat

Kompas.com - 27/06/2013, 11:40 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar, menilai pertumbuhan sektor kepariwisataan di Sumatera Barat terbilang lambat.

"Saya melihat untuk pertumbuhan sektor kepariwisataan di Sumbar ini terbilang lambat, dalam beberapa tahun terakhir, dan lebih cenderung jalan di tempat, sebab itu perlu adanya pengembangan destinasi atau obyek baru di Sumbar yang belum dikembangkan oleh pihak pemerintah," kata Asnawi di Padang, Rabu (26/6/2013).

Dia menambahkan, pertumbuhan sektor kepariwisataan Sumbar harus menjadi perhatian ke depannya, agar pariwisata yang potensial ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Asnawi menjelaskan, kepariwisataan baru berkembang dalam bidang promosi, bukan dari tingkat kunjungan yang dapat meningkatkan penghasilan daerah maupun masyarakat. Program pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir terbilang berhasil untuk bidang promosi, namun kunjungan dari sektor pariwisata tidak menampakkan hasil yang signifikan.

"Saya melihat banyak promosi yang dilakukan, bahkan dengan agenda internasional seperti surfing di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tour de Singkarak (TdS) yang telah lima tahun dilaksanakan hanya untuk promosi, hasil kunjungan wisata tetap sama," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com