Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Lebih Piawai Merencanakan Liburan

Kompas.com - 28/06/2013, 14:16 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merencanakan liburan mungkin bukan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Menurut hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh situs perjalanan Skyscanner, yang dilakukan kepada seribu pelancong internasional, hampir tiga perempat dari responden perempuan mengatakan mereka paling banyak melakukan perencanaan liburan.

"Merencanakan sebuah liburan tidak hanya berarti memutuskan apa yang dilakukan dan dikunjungi, tetapi juga cara menggunakan anggaran dengan bijak," ujar Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (26/6/2013).

Dari hasil riset, para laki-laki mengakui bahwa perempuan lebih cakap dalam mengerjakan perencanaan dan mampu menemukan tawaran wisata yang lebih menarik. Hal tersebut, karena laki-laki berpikir bahwa tuntutan perempuan dalam merencanakan liburan lebih banyak.

"Hasil dari riset kami menunjukkan bahwa ketika merencanakan liburan terdapat tingkat  pengertian yang tinggi antara para laki-laki dan perempuan di mana perempuan merupakan orang yang paling terlibat dengan perencanaan perjalanan dan laki-laki menghormati keputusan mereka. Hal ini juga menunjukkan betapa besar kepercayaan laki-laki pada perempuan untuk menyusun rencana liburan mereka," paparnya.

Hal yang paling kritis antara laki-laki dan perempuan dalam perencanaan liburan adalah menentukan anggaran. Hampir satu dari sepuluh responden mengaku bahwa mereka selalu berselisih pendapat untuk urusan uang.

Sementara itu urusan penerbangan adalah yang paling sedikit menimbulkan perbedaan pendapat.

"Menyusun rencana perjalanan bisa melelahkan, khususnya ketika bukan hanya kesenangan Anda sendiri yang harus dipikirkan tetapi kesenangan pasangan Anda, teman atau keluarga," katanya.

Meski demikian, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa terdapat satu kesepakatan antara laki-laki dan perempuan perihal perencanaan liburan, yakni 95 persen responden perempuan dan 97 persen responden laki-laki menyatakan mereka senang dengan pengaturan pengambilan keputusan yang berlangsung. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com