Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2013, 20:03 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Nama Tanjung Bira di Bulukumba, Sulawesi Selatan, bisa dibilang semakin santer terdengar. Terutama di kalangan para pelancong yang berburu keindahan alam laut jernih nan memesona. Tanjung Bira layaknya primadona di ujung Sulawesi Selatan.

Bagaimana tidak, saat cuaca cerah, langit biru sangat bersih memantul di hamparan laut yang ada di bawahnya. Pantai Tanjung Bira berpasir putih. Pasirnya sangat lembut dan saat menjejakinya seperti menginjak tepung putih. Sebegitu halusnya bahkan nyaris tak terdengar bunyi langkah kaki yang terseret saat melangkah.

Ombak yang datang menerpa pantai pun tak terlalu kuat. Malah, bisa dibilang laut pantai Tanjung Bira sangat tenang. Sesekali ombak menghempas pantai dengan kekuatan kecil seperti menggelitik kaki.

Tak jauh dari bibir pantai, ada hamparan pulau memanjang. Menurut Kepala Bidang Promosi Kabupaten Bulukumba, Zainuddin, pulau tersebut bernama Liukang Loe. "Liukang Loe masih berpenghuni. Di dekat sana ada tempat yang biasa dijadikan spot diving atau snorkeling," katanya.

Namun untuk mencapai ke Liukang Loe, pengunjung harus menyewa kapal dari pantai. Tenang saja, kapal-kapal yang akan membawa pengunjung ke Liukang Loe telah bersiap di bibir pantai Bira. Tinggal pintar-pintar saja menawar harga.

Kalau pun tak menyeberang ke Liukang Loe dan memilih menikmati Pantai Bira, bisa saja. Banyak kegiatan dan olahraga air yang bisa dilakukan. Terlihat beberapa pengunjung sibuk bermain pasir pantai. Ada yang menulis nama, membuat bangunan dari pasir, maupun mengubur dirinya ke dalam pasir.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Anak-anak pencari kerang di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Ada juga beberapa anak yang mencari kerang atau keong kecil yang terhempas dari laut dan akhirnya hidup di pantai. Ada banyak kerang dan keong yang telah pergi dari cangkang mereka. Tetapi jika beruntung juga bisa ditemukan yang masih utuh, berjalan-jalan di pasir pantai lengkap dengan rumahnya.

Selain bermain pasir juga bisa melakukan olahraga air, seperti banana boat hingga snorkeling. Para penyedia fasilitas olahraga air ini akan menawarkan langsung kepada pengunjung yang datang.

Akses

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan. Berada di Kabupaten Bulukumba, perlu waktu sekitar satu jam untuk mencapai tempat ini dari pusat kota Bulukumba dan empat jam dari Makassar dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantainya telah dilengkapi fasilitas seperti warung makan yang memenuhi kebutuhan konsumsi pengunjung, warung oleh-oleh dan tak lupa toilet umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com