Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2013, 11:10 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Kapan lagi bisa menyaksikan tingkah polah satwa. Apalagi satwa-satwa yang akan beraksi bukanlah jenis satwa biasa. Sebut saja beruang, kuda nil, lingsang, hingga lumba-lumba. Mereka menunjukkan kecerdasannya dipandu sang pawang.

Ya, di Ocean Dream Samudera (ODS) yang berada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, satwa-satwa tersebut berlaku layaknya manusia. Mereka bisa berhitung, bermain bola, dan menari. Namun tetap saja muncul kepolosan dan kejenakaan mereka sebagai seekor satwa.

Penampilan satwa di wahana ini terbagi menjadi beberapa arena, jam pertunjukkan pun berbeda-beda. Ada baiknya begitu masuk, pengunjung mengecek terlebih dahulu jadwal pertunjukkan yang terpampang di dekat loket pembelian tiket.

Pengunjung bisa memulai dari mana saja untuk menyaksikan pertunjukkan satwa ini. Pilih saja yang waktu tampilnya berdekatan dengan jam kedatangan di wahana. Beberapa arena besar pertunjukkan satwa seperti Variety Animals Show, Dolphin Show, Sea Lion Show, dan Underwater Show.

Variety Animals Show. Arena ini mempertunjukkan beberapa satwa sekaligus. Ada kuda nil, linsang, beruang, burung kakak tua, hingga bebek. Dalam pertunjukannya dijamin berhasil membuat pengunjung tergelak.

Linsang dikenal dengan kelincahannya bermain bola hingga mendorong gerobak seperti penjual bakso. Sedangkan kuda nil dengan badannya yang besar memamerkan kemampuan utamanya yakni makan. Namun dari keseluruhan pertunjukkan tersebut tersirat pesan untuk melestarikan dan menjaga satwa.

KOMPAS.com/Fitri Prawitasari Pertunjukkan linsang bermain bola di Variety Animals Show Ocean Dream Samudera (ODS) Ancol Taman Impian
Dolphin Show. Lumba-lumba besar dan lincah siap menghibur Anda. Dipandu dengan sang pawang, lumba-lumba siap melompat-lompat di kolam air pertunjukkan. Hingga atraksi puncaknya yaitu kelihaiannya melompati lingkaran besi yang dipasang cukup tinggi di atas kolam air.

Selain di tempat pertunjukkan, di dalam ODS juga ada tempat penangkaran lumba-lumba. Biasanya untuk lumba-lumba yang masih kecil. Namun pengunjung hanya bisa mengintip dari luar lumba-lumba yang ada di penangkaran, tidak boleh memasuki arenanya.

Sea Lion Show. Singa laut berbadan hitam besar dengan kumis panjang di mulutnya akan bergoyang-goyang di panggung pertunjukkan. Polahnya yang sedikit manja kepada sang pawang justru menjadi hiburan sendiri. Meski demikian ia pun tak mau ketinggalan memamerkan kecerdasannya lewat berhitung dan berjoget dengan bola ditaruh di atas mulutnya.

Underwater Show. Pertunjukkan ini menampilkan lumba-lumba dan putri duyung secara bersamaan. Berbeda dengan pertunjukan yang lain, mereka menunjukkan atraksi kepada pengunjung lewat kolam kaca besar. Jadi pengunjung seakan menonton bioskop dengan "film" yang diputar berupa tarian lumba-lumba dan putri duyung.

Selain pertunjukkan satwa, pengunjung juga bisa menikmati permainan lain yang ada di dalam arena. Ada rumah pintar sebagai tempat bermain anak-anak. Di sana mereka bisa belajar tentang satwa laut yang dilindungi. Ada juga ubur-ubur yang merupakan arena permainan balon raksasa terbang mengelilingi udara.

Lokasi Ocean Dream Samudera masih berada di wahana pantai barat Ancol. Lokasinya tak jauh dari wahana Atlantis Water Adventure, Danau Monumen dan Seaworld. Fasilitas yang diberikan di dalam wahana cukup lengkap. Mulai dari warung makan mencukupi kebutuhan konsumsi pengunjung, musholla sebagai tempat ibadah, toilet umum, hingga ruang menyusui untuk ibu yang membawa bayi.

ODS beroperasi setiap hari, mulai jam 09.00 sampai jam 17.00. Kecuali akhir pekan dan liburan, ODS akan buka hingga jam 18.00. Adapun, harga tiket yang diberikan adalah Rp 110.000 per orang.

Setelah puas bermain jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Banyak toko cenderamata di dalam dan di luar wahana menjual suvenir seperti baju dan boneka dengan gambar dan bentuk satwa. Yuk lihat keseruan satwa di ODS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com