Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Melayani Denpasar-Darwin

Kompas.com - 11/07/2013, 11:26 WIB
DARWIN, KOMPAS - Rute penerbangan Denpasar, Bali - Darwin, Australia yang dioperasikan AirAsia Indonesia diharapkan semakin memperluas jaringan layanan kepada pengguna jasa AirAsia dengan harga kompetitif. Rute Denpasar-Darwin dan sebaliknya dibuka setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Penerbangan dari Denpasar dijadwalkan berangkat pukul 14.50 WITA dan tiba di Darwin pukul 18.55 waktu setempat. Adapun penerbangan dari Darwin diberangkat pukul 19.30 waktu setempat dan tiba di Denpasar pukul 20.40 WITA. Sejumlah wartawan Indonesia, termasuk wartawan Kompas, Adi Sucipto, mencoba penerbangan Denpasar-Darwin, Senin (8/7/2013), pada acara Familiarisation Trip Darwin Northern Territory.

Darwin menjadi gerbang utama bagi wisatawan yang ingin berlibur di kawasan Australia Utara. Destinasi wisata sejarah dan alam yang bisa dinikmati antara lain air terjun Wangi, air terjun Florence, air terjun Tolmer di Taman Nasional Litchfield, dan Taman Nasional Kakadu. Pengunjung juga dapat menikmati koleksi sejarah dan kebudayaan Aborigin.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Indonesia, Dharmadi, respons pelanggan terhadap rute Denpasar-Darwin sangat bagus. Pada 1 Juli lalu dilakukan penerbangan perdana menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 150 tempat duduk.

”Masyarakat Australia Utara menyambut gembira kedatangan AirAsia. Ini diharapkan meningkatkan akses transportasi udara Indonesia-Australia dan mendorong kegiatan bisnis dan pariwisata kedua negara,” katanya.

Commercial Director AirAsia Indonesia, Bernard Francis mengatakan, rute ini akan meningkatkan konektivitas pelanggan di kawasan Australia Utara menuju beragam destinasi di Asia.

Bali bukan sekadar tempat liburan favorit bagi masyarakat Australia, melainkan juga menjadi perantara untuk melanjutkan perjalanan ke tempat liburan lainnya di Kuala Lumpur, Kinabalu, Chengdu, Beijing, Tokyo, Shanghai, Osaka, Kathmandu, Seoul, dan Bangkok. Warga Darwin juga bisa melanjutkan penerbangan ke Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta dengan AirAsia.

Direktur Pelayanan Penerbangan dan Pelayanan Bandara Northern Territory, Jim Parashos mengatakan, rute Denpasar-Darwin tidak saja memberikan banyak opsi kepada masyarakat Darwin, tetapi juga kepada masyarakat di Australia Utara, mulai dari Karratha, Port Hedland, Broome, Kununurra. Townsbville, hingga Mount Isa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com