Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Komodo Labuan Bajo Diperluas

Kompas.com - 13/07/2013, 17:14 WIB
LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan titik keberangkatan wisatawan menuju Taman Nasional Komodo saat ini sedang sibuk membangun dan memperluas Bandar Udara Komodo. Pengembangan bandara ujung barat Pulau Flores tersebut dipredikasi akan selesai awal September 2013.

Bandar Udara Komodo nantinya akan memiliki panjang landasan pacu 2.150 meter dan mampu didarati pesawat Boeing 737. Seperti disampaikan Kepala Bandara Labuan Bajo, Fuadani, saat ini bandara tersebut hanya memiliki panjang landasan pacu 1.850 meter dan hanya mampu mengakomodasi pesawat berbadan kecil dengan kapasitas penumpang sebanyak 50 orang seperti ATR 72, Fokker 50 dan MA-60.

Selain itu, bangunan bandara juga masih sederhana dan akan dipercantik. Untuk memperpanjang landasan pacu, dua bukit yang berada di dekat bandara yaitu Bukit Kelumpang dan Bukit Cinta akan diratakan. Proses perataan bukit tersebut akan segera rampung.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Komodo di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Setelah diperluas, Bandara Labuan Bajo Komodo akan mampu mengakomodasi sebanyak 700 penumpang dari sebelumnya yang hanya 400 penumpang. Dengan kapasitas bandara yang sudah ditambahkan, nantinya maskapai penerbangan dengan kapasitas yang lebih besar dapat terbang ke Labuan Bajo sehingga harga tiket pesawat rute Denpasar-Labuan Bajo diperkirakan akan turun dari sekarang Rp 1.400.000 menjadi Rp 500.000.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com