Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Peninsula Salah Satu Lokasi Surfing Terbaik Dunia

Kompas.com - 13/07/2013, 18:44 WIB
KOMPAS.com - Pantai-pantai di Semenanjung Bukit (Bukit Peninsula), Bali, adalah surga bagi pecinta selancar mana pun di dunia. Di kawasan tersebut membentang sejumlah pantai yang sempurna untuk serunya menunggang ombak.

Wisatawan peminat selancar benar-benar akan dimanjakan gulungan ombak dan pemandangan memesona di kawasan ini. Tidak mengherankan, National Geographic mendaulat Bukit Peninsula masuk dalam jajaran lokasi surfing terbaik di dunia atau “World's 20 Best Surf Towns”.

Pantai-pantai di Bali memang sudah lama dikenal sebagai lokasi untuk kegiatan selancar (surfing). Bahkan, kejuaran selancar internasional sudah sering digelar di Pulau Dewata. Bukan tanpa alasan tentunya, itu karena karaktersitik ombak di Bali sempurna untuk kegiatan selancar seperti Pantai Uluwatu, Pantai Padang Padang, dan Pantai Dreamland. Tidak hanya itu saja, akomodasi dan panorama super indah menjadikan pantai-pantai di Bali memiliki keistimewaan tersendiri.

Sebagai kawasan berselancar, Bukit Peninsula tentunya tidak hanya menawarkan gelombang sempurna dan pemandangan memesona. Akan tetapi, juga didukung fasilitas wisata seperti hotel, tempat belajar surfing, restoran, café, dan tentunya kuliner khas Bali yang nikmat.

Tidak seperti Pantai Kuta yang berada di pusat keramaian pesisir pantai, Bukit Peninsula lebih dekat dengan pedesaan dengan lansekap alam berupa tebing batu. Pantai-pantainya memiliki gelombang ombak yang cocok baik bagi peselancar pemula maupun profesional. Pemandangan dari puncak tebing sangat memesona disempurnakan dengan deretan Pura Hindu di atas bukit.

DOK INDONESIA.TRAVEL Surfing.
Peselancar profesional biasanya memilih Pantai Uluwatu dan Pantai Padang Padang karena ombaknya lebih menantang. Sementara itu, bagi peselancar pemula lebih memilih ombak di Dreamland yang relatif bersahabat. Waktu berkunjung terbaik untuk bermain dengan ombak di pantai-pantai Bukit Peninsula adalah antara Mei sampai September.

Selain Bukit Peninsula, Lokasi berselancar terbaik dunia versi National Geographic adalah: Hanalei (Hawaii), Tofino (British Columbia), Taghazout (Maroko), Encinitas (California, AS), Bundoran (Irlandia), Florianópolis (Brazil), Byron Bay (Australia), Biarritz (Perancis), Shonan (Jepang), Muizenberg (Afrika Selatan), La Paloma (Uruguay), Montauk (New York), Wrightsville Beach (Carolina Utara), New Smyrna Beach (Florida), Santa Cruz (California, AS), San Sebastián (Spanyol), Nosara (Costa Rica), Paia (Hawaii), dan Raglan (Selandia Baru).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com