Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Menggoda Nasi Kandar, Nasi Khas India-Melayu

Kompas.com - 14/07/2013, 09:06 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Nasi kandar sudah menjadi salah satu makanan tradisi di kawasan melayu, terutama Malaysia. Nasi ini juga terkenal sebagai makanan India muslim. Sampai sekarang, kita akan sangat mudah menjumpai kedai atau restauran yang menawarkan nasi kandar tapi pecinta kuliner pasti akan mencari yang terbaik.

Adalah Nasi Kandar Pelita, letaknya di kawasan Jalan Ampang, salah satu jalan utama di Kuala Lumpur, Malaysia. Letaknya tidak jauh dari menara kembar, Kuala Lumpur. Rutenya bisa melalui MRT KLCC atau Suria KLCC, keluar ke jalan Ampang arah Public Bank. Jalan kaki sedikit sekitar 100 meter ke arah kiri, kita akan menemukan restoran yang cukup besar bernuansa biru. Naik taksi sebut saja Resto Pelita ke sopirnya dan taksi akan meluncur ke lokasi.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Nasi Kandar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ada berbagai macam menu yang siap disantap sebagai pasangan nasi kandar. Favoritnya adalah kari sotong, ayam goreng madu, dan kari kepiting. Tambah berbagai macam sayuran atau salad sesuai pilihan. Bila berselera tuangkan sedikit kuah berbagai macam kari ditambah sambal merah dan hijau khas India. Jangan lupa pakai kerupuk.

Minuman yang biasa menemani makanan khas melayu adalah teh tarik, baik hangat maupun dingin. Teh cita rasa lokal dicampur susu. Cara meraciknya juga khas yaitu dengan menuangkan campurannya berulang kali hingga berbusa.

Harganya masih masuk ke kantong para pelacong berbujet ketat, mulai 2RM atau sekitar Rp 6.000 sampai 15RM atau sekitar Rp 45.000. Tak heran, nasi kandar Pelita Resto ini masuk dalam tempat makan yang direkomendasikan berbagai media traveler kelas dunia, antara lain: Lonely Planet, Guardian, dan Trip Advisor.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Nasi Kandar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pelita Resto mulai buka pagi sampai malam. Paling ramai dikunjungi adalah saat makan siang, bisa sampai antri dan kadang kehabisan menu. Nggak ke kuala Lumpur rasanya kalau nggak mampir ke Nasi Kandar Pelita Resto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com