Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Puasa, tetapi Pelesir Jalan Terus

Kompas.com - 16/07/2013, 15:51 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Berpuasa di bulan Ramadhan mungkin mengurangi beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, salah satunya pelesir. Namun, bukan berarti selama menjalankan puasa Anda tak melakukan kegiatan apa pun hingga beduk azan maghrib tiba.

Beberapa jenis pelesir tetap bisa dilakukan selama Bulan Ramadhan. Meski tentunya beberapa kegiatan di luar ruangan tak dianjurkan selama masih dalam kondisi sedang berpuasa. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Hal ini pun bisa dijalankan oleh Anda yang tidak dalam kondisi berpuasa.

Jelajah masjid dan tempat wisata rohani

Banyak masjid di Jakarta dan beberapa daerah lainnya memiliki sisi sejarah yang menarik untuk dikulik. Selain menyempurnakan ibadah, tentunya Anda pun bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang bisa diambil dari sejarah masjid tersebut.

Saatnya wisata kuliner

Sudah dipastikan, pada bulan Ramadhan banyak penjual makanan dadakan bermunculan. Banyak kudapan khas berbuka puasa yang tak dijual saat bulan-bulan biasa.

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA Pedagang melayani konsumen yang membeli makanan untuk berbuka puasa di pasar takjil Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Minggu (14/7/2013). Pasar Takjil Benhil yang beroperasi sejak pukul 11.00 WIB hingga usai waktu Magrib selama bulan Ramadan tersebut, menyediakan berbagai macam menu berbuka puasa (takjil) bagi warga Jakarta dan sekitarnya.
Di Jakarta, di beberapa kawasan sering muncul pedagang dadakan selama Ramadhan. Ada juga yang memang sudah menjadi kawasan wisata kuliner. Misalnya saja kawasan Bendungan Hilir, Blok M, Pecenongan, kawasan Jalan Sabang, dan Kota Tua.

Biasanya para pedagang menggelar dagangannya pada sore hari menjelang berbuka puasa. Nah, itulah kesempatan Anda untuk berburu kuliner sepuasnya sambil menyiapkan menu berbuka puasa.

Berburu barang unik di pusat belanja

Pusat perbelanjaan juga menjadi salah satu tempat favorit yang didatangi selama bulan Ramadhan. Sebagian masyarakat sibuk mencari keperluan selama puasa dan menyambut Lebaran. Namun, siap-siap beradu dengan pengunjung lain yang juga memiliki "misi" sama dengan Anda dalam berbelanja.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Penjual di salah satu kios di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta, memeragakan memasang pasmina sebagai hiasan kerudung, Jumat (5/7/2013). Menjelang bulan Ramadhan, pusat-pusat perkulakan busana di Jakarta diserbu pengunjung yang sebagian besar membeli busana muslim untuk keperluan pribadi atau untuk dijual kembali.
Selama Ramadhan, beberapa mal dan swalayan biasanya memberikan harga khusus. Tak jarang, barang yang ditawarkan memiliki kualitas bagus dan unik.

Ngabuburit

Sebagian orang mengenal "ngabuburit" sebagai acara jalan-jalan sembari menunggu azan maghrib. Jangan bingung ke mana menghabiskan waktu ngabuburit. Anda bisa menemukan penyegaran dengan mendatangi taman di pusat kota.

Di Jakarta, beberapa taman telah tertata dengan asri. Pohon-pohon rindang nan sejuk dilengkapi bangku-bangku taman tersedia untuk bersantai. Misalnya saja Taman Menteng, Taman Suropati, Taman Monas, dan Taman Ayodya. Bawa serta kawan dan keluarga menghabiskan waktu di taman sambil menunggu jam berbuka tiba.

Mengunjungi museum

Mungkin pada hari-hari biasanya saat memilih lokasi pelesir, museum sering menjadi daftar yang terlewat. Nah, selagi bulan Ramadhan, tak ada salahnya saat Ramadhan Anda memasukkan museum ke dalam daftar kunjungan.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pelajar melihat replika binatang purba Tyrannosaurus rex yang dipajang di Museum Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Kamis (20/6/2013). Wahana binatang purba ini dibuat dalam ukuran aslinya dan dapat bergerak serta mengeluarkan suara sehingga mampu mengajak pengunjung belajar sains secara nyata.
Banyak museum di Jakarta telah tertata rapi. Tampilan koleksi museum pun dibuat semenarik mungkin. Karena museum identik berada di dalam ruangan, mengunjunginya pun bisa menghemat tenaga Anda dibanding jika beraktivitas di luar ruangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com