Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleman Siapkan Sejumlah Obyek Wisata

Kompas.com - 25/07/2013, 15:54 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan upaya persiapan untuk menghadapi musim liburan 2013.

"Upaya-upaya persiapan pelayanan kepada wisatawan tersebut meliputi pembenahan lingkungan dan sarana prasarana obyek wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Kamis (25/7/2013).

Menurut Ayu, persiapan tersebut khususnya di obyek wisata gardu pandang dan kawasan Tlogo Putri Kaliurang.

"Kegiatan yang kami lakukan di antaranya meningkatkan kebersihan, pengecatan beberapa fasilitas, penggantian lampu-lampu penerangan dan penebangan pohon-pohon yang berbahaya dan mengganti dengan pohon baru," katanya.

Selain itu, menurut Ayu, pihaknya juga melakukan pengkondisian sejumlah desa wisata dengan koordinasi bersama forum komunikasi desa wisata Sleman. "Kami juga melakukan pembinaan terhadap pedagang asongan di obyek wisata andalan serta pembinaan restoran, hotel maupun pondok wisata," katanya.

Ayu mengatakan, pihaknya juga melakukan pembagian petugas monitoring lapangan untuk berbagai obyek wisata seperti Menara Pandang, Tlogo Putri, vulcano tour Kaliadem dan Museum Gunungapi Merapi (MGM).

"Kami juga berkoordinasi pengamanan obyek wisata untuk memenuhi aspek keamanan wisatawan dan obyek wisata yang bekerja sama dengan pihak kepolisian, khususnya polisi pariwisata," katanya.

Untuk memberikan hiburan bagi wisatawan, khususnya di Kaliurang dijadwalkan pentas seni "Semarak Idul Fitri" di panggung kesenian Tlogo Putri.

"Hiburan ini akan berlangsung mulai 9 hingga 13 Agustus dengan menampilkan sejumlah kesenian tradisional seperti jathilan dan pentas orkes melayu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com