Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sajian Manis Kuliner Mesir

Kompas.com - 26/07/2013, 07:35 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Sajian manis dari negeri di tepi Laut Merah, Mesir, menjadi hidangan yang sangat cocok untuk menikmati santapan berbuka puasa. Karena rasa manis dari makanan dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah berpuasa satu hari penuh.

Hidangan khas Mesir tersebut merupakan menu andalan selama bulan Ramadhan yang disajikan Grand Cafe Hotel Grand Hyatt Jakarta. Sebagai peracik makanan, didatangkan langsung para chef dari Hyatt Regency Sharm El Sheikh, Mesir.

Dimulai dengan khoshaf atau juga disebut dengan kolak ala Mesir. Berbeda dengan di Indonesia, kolak ala Mesir disajikan dalam keadaan dingin. Selain itu, tak akan ditemukan santan sebagai kuah khoshaf melainkan susu segar. Untuk isian, khoshaf menggunakan beberapa jenis kurma.

Meski disajikan dingin, kuah khoshaf tidak menimbulkan efek kaget di mulut seperti menyantap minuman dingin lainnya. Selanjutnya coba juga kudapan ringan yang lagi-lagi serba manis namun menyehatkan. Karena sebagian makanan berbahan dasar susu segar.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Missing yaitu puding susu dengan taburan kacang almond dan kayu manis.
Misalnya saja missing yang merupakan puding susu yang ditaburi kayu manis dan kacang almond di atasnya. Ada juga lozeya yang merupakan paduan kacang almond dengan caramel yang saat digigit seperti sedang menggigit permen gula.

Bersantap memang tak lengkap tanpa menikmati hidangan utama. Coba saja shawarma dengan isi daging ayam yang menjadi menu andalan masakan Mesir. Shawarma terbuat dari lembaran roti gandum tipis yang berisi olahan daging ayam yang diiris tipis-tipis dipadu dengan paprika, irisan bawang bombay dan bumbu-bumbu.

Setelah itu dilumuri pula saus Tahini yang menjadi bumbu utama sayuran dan daging di setiap masakan Timur Tengah. Selain daging ayam, shawarma juga bisa menggunakan daging sapi.

Untuk bisa menyantap Shawarma, tamu akan dibuatkan langsung oleh chef dari Mesir tersebut. Dengan cekatan ia mencampurkan bahan-bahan ke atas wajan yang telah panas. Tak sampai sepuluh menit, shawarma hangat siap disantap.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Masakan Mesir di Grand Cafe Hotel Grand Hyatt Jakarta diracik langsung oleh para chef dari Hyatt Regency Sharm El Sheikh, Mesir.
Shawarma berisi potongan ayam, paprika serta bawang bombay di dalamnya menyembul keluar lipatan roti. Tak ketinggalan lelehan saus Tahini ikut mengintip keluar.

Sebagai penutup, bisa dicoba minuman spesial jus sari kembang sepatu (hibiscus flower). Warna merah pekat pada jus ternyata mencerminkan kesegaran begitu meminumnya. Apalagi di sini, jus disajikan dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com