Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September Ini, Yuk ke Festival Danau Toba

Kompas.com - 27/07/2013, 10:04 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Festival Danau Toba yang dahulu lebih dikenal dengan Pesta Danau Toba akan digelar untuk pertama kalinya pada tanggal 8-14 September 2013. Festival ini akan dikemas secara spektakuler dengan menampilkan potensi budaya, alam, dan olahraga yang ada di Kawasan Danau Toba.

“Melalui Festival Danau Toba, kita berharap inilah momentum kebangkitan kembali pariwisata Danau Toba yang dulu pernah berjaya," ujar Bupati Samosir Mangindar Simbolon, saat peluncuran Festival Danau Toba di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (26/7/2013) malam.

Perubahan nama Pesta Danau Toba menjadi Festival Danau Toba dilakukan agar acara ini lebih terkonsep dan bisa melibatkan masyarakat luas, tidak terbatas pada masyarakat Danau Toba saja. Hal ini dilakukan agar Festival Danau Toba bisa sejajar dengan festival-festival besar di dunia yang melibatkan dan mendatangkan banyak orang baik dari dalam negeri maupun dari dalam negeri.

Festival yang akan diselenggarakan selama sepekan ini mempunyai berbagai macam kegiatan, seperti Lomba Solu Bolon (sejenis Dragon Boat), Para Layang, Marlange, Upacara Tradisi, Karnal Sigale-gale, dan Lake Toba’s World Drum Festival.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Peluncuran Festival Danau Toba di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (26/7/2013) malam.
Selain itu, ada pula lomba paduan suara dan solo, Pameran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hosted Dinner, Permainan Tradisi, dan workshop untuk mempelajari keunikan masyarakat di kawasan Danau Toba. Festival Danau Toba 2013 akan diselenggarakan di Bukit Beta dan Pantai Tuk-Tuk yang terletak di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Event ini punya tiga dampak, yaitu dampak image promosi untuk daerah, memberi ruang ekspresi untuk seniman, budayawan, pelaku bisnis dan sebagainya, sekaligus melestarikan budaya kita," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com