Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petaling Street, Belanja Oleh-oleh Murah di Kuala Lumpur

Kompas.com - 29/07/2013, 16:21 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kalau Anda berlibur ke Kuala Lumpur, Malaysia dan ingin membeli oleh-oleh mampirlah ke Petaling Street. Di sini, beragam suvenir dijajakan seperti tempelan kulkas, gantungan kunci, dan kaos. Semua suvenir bertuliskan dan berlambang logo Malaysia dan semua yang terkait dengannya, seperti menara kembar, menara KL, dan tujuan wisata Malaysia lainnya.

Para penjual juga cukup kreatif dengan menjual berbagai macam barang sebagai suvenir seperti tas, tempat pensil, hiasan meja, gelas, dan hiasan dinding. Harganya dijamin tidak membuat kantong merana. Lima gantungan kunci atau tempelan kulkas misalnya bisa dijual dengan harga 5RM atau setara sekitar Rp 15.000. Satu kaos ukuran dewasa dijual seharga 6RM atau setara sekitar Rp 18.000.

Di ujung jalan Petaling Street terdapat jejeran penjual makanan. Banyaknya adalah makanan khas Melayu dan China seperti makanan laut, kare, dan mie. Turis dan masyarakat lokal biasa makan sambil duduk di pinggir jalan sambil menikmati udara dan suasana malam Kuala Lumpur. Kebanyakan harga makanan sekitar 3-7RM atau setara Rp 10.000 - Rp 20.000.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Belanja oleh-oleh di Petaling Street, Kuala Lumpur, Malaysia.

Enaknya berbelanja di tempat ini, hampir semua para penjualnya paham bahasa Indonesia. Persamaan rumpun bahasa mempermudah turis asal Indonesia untuk menawar harga dan berkomunikasi. Petaling Street mulai buka sekitar jam 5 sore tapi baru ramai sekitar jam 7 malam.

Salah satu tips berbelanja di sini adalah biasanya makin malam harga akan makin murah dan mudah untuk ditawar. Tapi jangan lupakan faktor keamanannya. Jangan berperilaku dan berpakaian terlalu mencolok karena akan rawan perampokan. Penting juga pastikan tahu jalan pulang ke tempat penginapan karena jalan di malam hari.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Petaling Street di Kuala Lumpur, Malaysia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com