Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Mulai Lirik Lombok

Kompas.com - 02/08/2013, 08:21 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Badan promosi pariwisata Visit Indonesia Tourism (VITO) mengungkapkan saat ini Lombok menjadi salah satu daerah tujuan wisata menarik bagi wisatawan China selain Pulau Bali.

Manajer Humas VITO Lena Yang kepada Antara di Beijing, Kamis (1/7/2013), mengungkapkan Indonesia merupakan daerah tujuan wisata popular bagi turis China, khususnya Bali.

"Bali menduduki urutan ketiga dari sepuluh pulau yang menarik bagi wisatawan China, menurut situs17u.cn-booking," ungkapnya.    

Namun, lanjut Lena, kini wisatawan China juga mulai melirik daerah tujuan atau destinasi menarik lainnya di Indonesia. "Seperti Yogyakarta dan Jawa Timur, bahkan kini para pelancong dari China sudah mulai melirik Lombok sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia untuk dikunjungi," tuturnya.

Lena mengemukakan jumlah turis China yang berkunjung ke Indonesia pada 2011 tercatat 493.019. Jumlah itu meningkat menjadi 618.223 orang pada 2012 atau naik 25,40 persen.

Sementara itu, pada enam bulan pertama 2013 jumlah pelancong China yang berkunjung ke Indonesia tercatat 301.322 orang atau naik sekitar 13,83 persen dari periode sama 2012 yang hanya mencapai 264.715 orang.

Lena mengatakan pihaknya gencar untuk melakukan promosi tentang Indonesia di China dengan menggandeng perusahaan biro perjalanan di China, Perwakilan Pemerintah RI di China, bahkan maskapai Garuda Indonesia di China.

"Kita lakukan promosi antara lain dengan ’co-marketing LED program’ dengan China Oriental Culture Group. Di kegiatan yang diselenggarakan di Taman Olympic ini mereka menampilkan video tentang pariwisata Indonesia dan mendapatkan respons positif dari pengunjung," ujarnya.

Tak hanya itu, VITO juga menggelar forum tentang warisan budaya Indonesia berpartisipasi dalam expo wisata terbesar di China seperti CIBTM 2012.

"Khusus di Guangzhou, ada beberapa kegiatan promosi yang dilakukan VITO cabang Guangzhou seperti kuis promosi wisata melalui media sosial: Tencent Blog. Dilaksanakan dari bulan Januari hingga Febuari dan mendapatkan respon positif dari pengguna media sosial," kata Lena.

VITO juga melakukan Joint Roadshow dengan Garuda Indonesia. "Kegiatan itu merupakan kerja sama marketing antara VITO Guangzhou dan Garuda Indonesia untuk mempromosikan Indonesia sebagai tempat tujuan rekreasi dan bisnis," ucapnya.

Lena menambahkan kegiatan tersebut berhasil menarik sekitar 800.000 pengunjung, 15 media, dan 55 tour operators di Guangzhou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com