Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Kunjungan Wisman Bisa Meningkat

Kompas.com - 03/08/2013, 11:39 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rekor baru meningkatnya jumlah wisman pada Juni 2013 membawa angin segar untuk dunia pariwisata di Indonesia. Diperkirakan angka ini akan terus bertambah sampai akhir tahun ini.

Bulan Juni, Juli, dan Agustus 2013 merupakan musim padat kunjungan wisata di Indonesia. Terbukti dengan meningkatnya jumlah wisman ke Indonesia. Tidak berhenti di situ saja, diperkirakan jumlah kunjungan wisman masih meningkat pada September dan Oktober karena adanya beberapa agenda internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

“September dan Oktober boleh kita katakan pariwisata yang besar untuk tahun ini karena di September itu akan ada beberapa seri pertemuan APEC, ada Miss World, dan ada beberapa pertemuan internasional lain. Desember juga akan ada pertemuan menteri-menteri World Trade Organization,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Hal senada disampaikan Didin dari Asosiasi Pariwisata. Dia mengatakan ada juga agenda olahraga besar yang bisa meningkatkan jumlah wisman, yaitu International Taekwondo Tournament yang akan diselenggarakan di Bali dan dihadiri 1.500 orang. Selain itu, ada pula World Islamic Sport Games yang akan diselenggarakan di Palembang dan mendatangkan sekitar 3.000 delegasi dari luar negeri.

SERAMBI/M ANSHAR Turis dari kapal pesiar MV Clipper Odyssey mengenakan pakaian khusus saat memasuki kompleks Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (10/1/2013). Kapal yang mengangkut 150 penumpang dari berbagai negara dalam tour wisata Zegrahm Expedition tersebut melego jangkar selama enam jam di lepas pantai Banda Aceh untuk membawa para turis melakukan city tour ke beberapa situs sejarah dan tsunami Aceh.
Selain banyaknya agenda internasional, pembangunan infrastruktur seperti perluasan bandara dan pembangunan jalan layang serta adanya direct flight ke kawasan wisata, bisa mendongkrak angka kunjungan wisman ke Indonesia.

“Mudah-mudahan untuk paruh kedua tahun 2013 kita bisa mendapat pertumbuhan yang lebih tinggi daripada paruh pertama. Sehingga minimal target moderat 8,6 juta bisa tercapai, kalau bisa lebih tinggi," kata Mari.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan target kunjungan wisman 2013 dalam tiga skenario, yaitu target pesimistis 8,3 juta, target moderat 8,6 juta, dan target optimis 8,9 juta wisman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com