Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris di Musim Panas

Kompas.com - 04/08/2013, 14:04 WIB
MATAHARI musim panas yang bersinar sepanjang hari membuat kota-kota tua seperti Paris menjadi magnet bagi wisatawan.

Di bawah Menara Eiffel, yang menjadi ikon kota Paris, wisatawan sabar menunggu giliran menggapai puncak. Mereka rela berdiri berjam-jam lamanya serta melewati berbagai pemeriksaan keamanan. Sementara warga kota Paris sendiri, cukup mandi cahaya matahari dengan tiduran di hamparan rumput sambil memandangi Eiffel.

Selain Eiffel, beberapa tempat tujuan wisatawan seperti Place De La Concorde merupakan alun-alun terluas di Paris, dibangun pada 1755 di lahan seluas 86.400 meter persegi. Ciri khas tempat ini adalah monumen dan air mancur.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Grafiti di Paris.
Ada lagi Champs Elysees yang menjadi salah satu kawasan elite di Paris. Di sini wisatawan dapat menemukan etalase berisi barang dan parfum ternama, selain kafe-kafe yang berjejer di sepanjang jalan.

Kenyamanan pedestrian juga terjamin, mengingat lebarnya bagian trotoar di sini. Dahulu, bilangan ini pernah digunakan tentara Sekutu untuk berpawai merayakan kemenangan atas Perang Dunia II.

Dan Musee du Louvre atau Museum Louvre merupakan salah satu museum seni terbesar di dunia, museum tempat lukisan Monalisa yang terkenal berada.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Becak wisata di Paris.
Paris memang surga bagi wisatawan. Mereka bisa menikmati apa saja di kota tua tersebut. Butik-butik dengan rancangan busana terkini. Restoran-restoran kecil yang menyediakan segala macam rasa hingga kios-kios yang menawarkan berbagai macam cindera mata khas Paris.

Wisatawan Indonesia yang baru pertama kali berkunjung sering kali menahan senyum saat berbelanja di kios-kios suvenir. Dengan logat Eropa, para penjaga toko tidak segan-segan menyambut dengan kata, ”Bagus! Bagus! Murah! Murah!” Walau hanya beberapa suku kata, kata-kata tersebut sengaja mereka hafalkan karena banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung untuk berbelanja.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Penyeberangan Jalan untuk Semua.
Walau demikian, wisatawan diminta untuk tidak lengah karena di kota Paris yang romantis tidak juga bebas dari aksi para pencopet. Setidaknya itu yang dituliskan banyak papan peringatan di sekitar Eiffel. (Bahana Patria Gupta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com