Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Pintar Tetap Buka Saat Lebaran

Kompas.com - 04/08/2013, 20:08 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tempat wisata edukasi di Kota Yogyakarta, Taman Pintar, tetap buka saat Lebaran untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan luar daerah berkunjung ke obyek wisata yang menjadi ikon Yogyakarta itu.

"Pada hari H Lebaran, 1 Syawal, kami tetap buka. Namun jam operasional yang biasanya dimulai pada pukul 09.00 WIB, diundur menjadi pukul 12.00 WIB. Begitu pula hari berikutnya, akan tetap buka," kata Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu (4/8/2013).

Menurut Yunianto, selama libur Lebaran, jumlah pengunjung ke Taman Pintar akan mengalami peningkatan dibanding hari biasa, targetnya bisa mencapai 4.000 hingga 6.000 pengunjung per hari. Pada hari biasa, Taman Pintar dikunjungi sekitar 2.500 wisatawan per hari.

Yunianto memperkirakan puncak kunjungan wisatawan ke Taman Pintar akan terjadi pada Sabtu (10/8/2013), dengan jumlah pengunjung mencapai sekitar 10.000 orang. "Saat libur Lebaran, wisatawan yang datang sebagian besar warga Kota Yogyakarta yang menjadi pemudik. Mereka ingin mengisi liburan di Taman Pintar," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Yunianto, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar tidak akan sebanyak wisatawan saat libur panjang sekolah yang biasanya didominasi rombongan anak sekolah.

Selama libur Lebaran, Taman Pintar juga akan melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, seperti penambahan jumlah pemandu dari rata-rata 30-35 orang per "shift", menjadi 45 pemandu per "shift".

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Anak-anak bermain dengan wahana permainan bertema melawan koruptor pada acara Integrity Fair 2012 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pemerintah Kota Yogyakarta di Taman Pintar, Yogyakarta, Jumat (2/11/2012). Berbagai bentuk permainan digunakan dalam acara tersebut untuk sarana menanamkan semangat antikorupsi pada anak-anak sejak usia dini.
Pembenahan juga dilakukan di kawasan sekitar Taman Pintar dengan menertibkan pedagang kaki lima, becak, dan andong.

Petugas keamanan akan disiagakan untuk membantu pengunjung menyeberang jalan, terutama pengunjung dari arah area parkir Senopati. "Seluruh pembenahan wahana juga sudah diselesaikan akhir pekan lalu. Semuanya siap menerima kunjungan wisatawan. Ada wahana baru yaitu Zona Robotik," kata Yunianto.

Selain tetap membuka layanan pada saat Lebaran, Taman Pintar yang biasanya tutup setiap Senin, pada 5 dan 12 Agustus akan tetap membuka layanan seperti jam operasional normal, yaitu mulai pukul 09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com