Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cermat Memilih Hotel untuk Liburan

Kompas.com - 09/08/2013, 15:56 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

KOMPAS.com — Pernah alami ini? Saat datang ke hotel yang kita pesan, ternyata hotel tersebut tidak sebagus foto-foto yang terpampang di website. Atau, sudah bayar mahal dan membawa anak, tetapi ternyata hotel yang dipesan tidak memiliki area bermain maupun kolam renang.

Pertimbangan memilih hotel sebagai tempat tinggal selama liburan bagi tiap orang memang berbeda-beda. Sebagian orang menganggap hotel selama liburan bukanlah hal utama karena hotel dipandang hanya sebagai tempat untuk tidur dan mandi saja.

Namun sebagian orang yang lain justru menganggap hotel adalah rumah kedua, tempat istirahat, makan enak, dan dilayani staf hotel. Jika membawa anak, hotel menjadi tempat bermain bersama anak.

Faktor terpenting dalam memilih hotel adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kepentingan bisnis pilihlah hotel yang memang memiliki fasilitas penunjang kerja misalnya business centre yang lengkap seperti mesin faks, telepon, jaringan internet, komputer, dan sebagainya.

Untuk liburan, sesuaikan dengan selera liburan yang sudah dipersiapkan. Berikut beberapa hal yang dipertimbangkan saat memilih hotel untuk liburan.

Harga. Carilah hotel dengan harga sesuai budget Anda. Jangan sampai mengeluarkan uang untuk liburan di luar kemampuan.

Budget untuk hotel terkait strategi budget saat liburan. Misalnya, bisa saja lebih menekan bujet untuk biaya hotel karena ingin lebih menggunakan uang untuk wisata kuliner dan belanja atau untuk transportasi.

Lokasi. Pastikan Anda mendapatkan gambaran lokasi hotel. Apakah jauh dari pusat kota? Apakah dekat dengan area turis yang ingin Anda kunjungi? Bagaimana transportasi menuju ke hotel, sulit atau banyak pilihan?

Penting juga dipastikan bahwa kawasan tersebut bukan kawasan yang dekat wilayah hitam misalnya kumuh, dunia malam, atau membahayakan keselamatan jiwa. Cari tahu fasilitas di sekitar hotel. Apakah banyak tempat makan agar mudah membeli makan dan minum? Apalagi kalau membawa anak-anak, apakah ada toko obat dan supermarket?

Fasilitas. Cari tahu sedetail mungkin fasilitas yang tersedia dan pilih sesuai kebutuhan. Utamanya adalah fasilitas kamar, misalnya pakai air conditioner atau kipas angin, ada air panas untuk mandi atau tidak, ada jendela atau tidak.

Apalagi kalau Anda punya kebutuhan tertentu, misalnya terbiasa mandi dengan air hangat, cari tahu fasilitas air hangat di kamar mandi. Untuk guesthouse atau hostel pastikan posisi kamar yang kita pesan ada di lantai berapa. Serta apakah tersedia lift atau tangga.

Selain kamar, fasilitas hotel misalnya apakah menerima laundry atau jasa pencucian baju. Kalau ada, berapa biayanya. Bila berniat banyak meluangkan waktu di hotel, fasilitas spa, pusat kebugaran, area bermain untuk anak-anak, kolam renang, kafe dan restoran juga patut dipertimbangkan.

Kesaksian. Jangan malas baca review atau tinjauan dari para tamu hotel di situs-situs jasa pemesanan hotel. Umumnya, tamu yang pernah menginap akan menceritakan secara detail kelebihan dan kekurangan hotel tersebut mulai dari pelayanan, fasilitas, sampai lokasi.

Rekomendasi. Tanya ke kerabat atau teman yang sudah pernah ke negara atau daerah yang ingin dikunjungi. Minta pendapat dan pengalaman mereka selama memilih hotel di daerah tersebut. Maupun pendapat mereka mengenai hotel tempat mereka pernah menginap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com