Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Makepung Dipadati Ribuan Penonton

Kompas.com - 11/08/2013, 21:41 WIB
NEGARA, KOMPAS.com - Sebanyak 215 pasang kerbau meramaikan adu balap kerbau khas Bali atau "makepung" di Desa Delodbrawah, Kabupaten Jembrana, Minggu (11/8/2013). Dalam lomba memperebutkan Piala Bupati Jembrana itu panitia membagi "sekaa" atau grup menjadi dua, yakni Tim Ijogading Barat dan Tim Ijogading Timur.

Meskipun ada 215 pasang kerbau yang berpacu, "sayo" atau juri hanya menilai 60 pasang untuk menentukan juara umum di antara dua tim tersebut.

Dalam lomba yang dipadati ribuan penonton, termasuk wisatawan mancanegara itu, Tim Ijogading Timur menjadi juara umum setelah menang telak melawan Tim Ijogading Barat.

Usai pertandingan, Bupati Jembrana I Putu Artha menyerahkan hadiah uang tunai Rp 17,5 juta kepada Tim Ijogading Timur, sedangkan Tim Ijogading Barat hanya Rp 12,5 juta. Pasangan kerbau yang menjadi juara kelompok juga mendapatkan hadiah dengan nilai bervariasi antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta.

Makepung merupakan kesenian atraksi khas Kabupaten Jembrana yang berawal dari kegiatan petani setelah memanen padi. Untuk meluapkan kegembiraan setelah panen, petani mengikat pasangan kerbau pada gerobak kecil yang kemudian dipacu untuk beradu cepat.

Saat ini, selain lomba-lomba kecil antarpemilik kerbau, Pemkab Jembrana telah mengagendakan makepung secara rutin untuk menarik wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com