Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Paling Royal Belanja di Luar Negeri

Kompas.com - 15/08/2013, 16:38 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan wisata ke luar negeri kini semakin marak. Bahkan kemunculannya seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal tersebut tak hanya berlaku di Indonesia, melainkan juga di banyak negara di dunia.

Pelancong China, Rusia dan beberapa negara melejit ke posisi pertama dalam hal pengeluaran wisata. Pengeluaran pelancong asal China untuk perjalanan ke luar negeri menempati peringkat pertama dengan pengeluaran mencapai 102 miliar dollar AS per tahun.

Peningkatan pengeluaran untuk wisata bagi masyarakat China disebabkan oleh pengurangan pembatasan perjalanan ke luar negeri, peningkatan urbanisasi, dan peningkatan penghasilan masyarakat China.

Akibatnya, uang yang dibelanjakan oleh wisatawan China di luar negeri juga meningkat secara signifikan. Diperkirakan bahwa wisatawan China menghabiskan sekitar 102 miliar dollar AS pada tahun 2012 untuk berwisata. Jumlah ini meningkat 40 persen dari tahun sebelumnya.

Posisi wisatawan asal Jerman dan Amerika Serikat dalam hal pengeluaran berwisata hampir sama. Jerman menghabiskan uang di luar negeri untuk berwisata sekitar 83,8 miliar dollar AS dan Amerika menghabiskan 83,7 miliar dollar AS. Inggris menempati posisi keempat dengan jumlah 52,3 miliar dollar AS atau meningkat 4 persen dari tahun 2011.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Rusia adalah salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Setelah masa Soviet, Rusia telah mengalami peningkatan tajam dalam hal berlibur, baik perjalanan domestik maupun internasional. Pada tahun 2012, negara ini mengalami peningkatan belanja wisata hampir mencapai 43 miliar dollar AS. Jumlah ini meningkat 32 persen dari tahun sebelumnya.

Peningkatan pengeluaran wisata ke luar negeri juga dialami oleh negara-negara tujuan wisata seperti Perancis, Kanada, Jepang, Australia, dan Italia. Perancis yang merupakan negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan seluruh dunia, juga mengeluarkan 38,1 miliar dollar AS untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan jumlah ini dinilai menurun 6 persen dari tahun 2011.

Sementara itu wisatawan Kanada menggelontorkan uang untuk berwisata ke luar negeri sebanyak 35,2 miliar dollar AS, Jepang 28,1 miliar dollar AS, Australia sebanyak 27,6 miliar dollar AS, dan Italia mengeluarkan uang sebanyak 26,2 miliar dollar AS.

Jadi, peringkat 10 besar negara dengan pengeluaran terbesar untuk berwisata ke luar negeri di dunia adalah China, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Perancis, Kanada, Jepang, Australia, dan Kanada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com